Beranda » Dunia Menulis » Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

T Diposting oleh pada 17 October 2020
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 22 kali

Menulis Artikel – Berkembang pesatnya teknologi dibidang internet memberikan wadah tersendiri bagi para penulis, terutama bagi mereka yang senang mengamati sekitar dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Yups, penulis artikel.

Menjadi penulis blogger menjadi adalah profesi yang cukup digemari saat ini. Menulis blog tidak terlalu menyita waktu, bisa dilakukan siapapun dan dimanapun. Namun, jika kamu ingin eksistensimu di dunia blogger bisa bertahan dan memiliki penghasilan dari artikel yang kamu buat, hal yang harus dilakukan adalah mempublikasikan artikel di blogmu secara rutin dengan berbagai konten yang menarik. Mungkin, jika kamu seorang penulis pemula akan merasa begitu kesulitan dalam menulis artikel yang menarik. Tenang, jangan khawatir karena jika kamu benar-benar ingin belajar dan berusaha pasti kamu bisa menjadi penulis artikel yang menari bahkan handal. Sebelum pembahasan lebih lanjut, yuk kita basah terlebih dahulu apa itu artikel secara umum!

Artikel merupakan karangan pendek, berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang berisikan tema tertentu yang memuat ide, konsep,  fakta ataupun opini seorang penulis yang kadang kala berisikan, mendidik, atau justru mengkritisi suatu pokok pembahasan yang disebar luaskan menggunakan media masa daring maupun luring. Namun, artikel ynag menjadi trand dan cukup digemari diera saat ini adalah artikel informasi. Artikel informasi yang baik di dalamnya memuat struktur yang pembahasan yang logis, jelas, dan padat.

Baca Juga: Prinsip-prinsip dalam Proses Drafting atau Menulis Buku

Nah, kira-kira bagaimana sih cara membuat artikel yang menarik, apalagi buat parah pemula? Hmm, jawabannya simpel, yang perlu kamu lakukan adalah lebih mengamati sekitarmu, lebih bnayak mencari refrensi dengan membaca, tuangkanlah sesuai dengan yang ingin kamu tuangkan dan harus siap menerima kritikan pembaca untuk mendukung tulisan yang kamu buat lebih menarik lagi. Duh, kamu masih pemula banget sehingga memerlukan tips yang lebih akurat dan detail lagi. Baiklah, berikut akan dipaparkan tips menulis artikel yang menarik bagi pemula:

KLIK DISINI untuk mendapatkan informasi seputar kepenulisan

  1. Menentukan Tema dan topik yang akan Diangkat

Pastikan tema yang digunakan dalam artikelmu adalah tema yang unik. Hindarilah menulis pokok pembahasan dengan tema yang awam  apalagi jika tidak kamu kenali, hal itu hanya dapat menyusahkan kamu saja nantinya.

Internet telah mnejadi jendela data dan informasi yang bisa digunkan siappun selagi jaringan mendukung. Saat menulis artikel yang ingin kamu angkat maka tentukan fokus pembahasan dan target pembaca yang ingin kamu capai untuk mengundang pengunjung berdatangan membaca artikel yang kamu buat.  Fokuslah pada topik yang akan kamu kembangkan. Perhatikan trend di sekitar kamu, pilihlah bidang yang kamu suka dan kuasai, kemudian lakukan analisa terhadap artikel apakah tergolong menjadi artikel yang menarik bagi pembaca atau belum.

Posisikan diri kamu sebagai pembaca dan selalu gambarkan dibenakmu profil pembaca artikel seperti apa yang kamu inginkan. Hal ini akan berpengaruh pada gaya menulismu.

 

  1. ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi )

Untuk menjadi seorang penulis artikel yang terampil, yang harus dilakukan  adalah melaksanakan penelitian terlebih dahulu untuk memperkaya pengetahuanmu dengan referensi yang up to date. Pilihlah topik yang akan kamu angkat dengan melakukan pencarian pada artikel yang bagus dan sesuai. Temukan polanya, kemudian lakukan modifikasi untuk perkaya artikel yang kamu buat.

 

  1. Buat Kerangka Artikel

Setelah Anda menentukan tema dan topik yang akan diangkat lalu mencari refrensi dengan membaca artikel yang sama seperti yang ingin kamu angkat, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menyusun kerangka artikel.  Sebagai seorang penulis, menulis kerangka bukanlah hal yang awam dan bahkan sudah pernah melakukan atau bahkan belajar soal itu, bukan? Tidak perlu kerangka yang terlalu ribet ya, cukup kerangka yang sederhana yang lebih gampang untuk kamu pahami.

Cara menulis kerangkah adalah dengan menuliskan seluruh poin-poin yang penting yang akan dibahas pada artikel yang akan kamu angkat. Hal ini dimaksudkan agar tulisan pada ratikel yang akan kita angkat semakin padat, jelas, dan menarik.

Baca Juga: 7 Kesulitan yang Sering dihadapi Penulis dan Solusi Mengatasinya

  1. Tulis pengantar artikel

Pengantar sifatnya seperti pertanyaan yang akan diberikan pada gambaran awal sebauh artikel untuk membuat pembaca penasaran  sehingga tertarik untuk membaca tulisan yang kita buat.  Di dalam pengantar juga sering dituliskan tujuan dilakukan pembahasan yang sedang dilakukan penulisan atau apa yang akan dibahas secara mendalam. Cobalah untuk membuat paragraph pengantar dengan kisaran 100 hingga 200 kata.

Salah satu cara yang biasa dilakukan penulis untuk mengundang rasa penasaran pembaca adalah dengan menyelipkan kalimat tanya pada paragraf-paragraf awal artikel seperti “Tahukah? Pernahkah? Apapkah?” Pertanyaan-pertanyaan jenis ini mampu membuat pembaca merasa lebih personal dengan artikel yang kamu buat. Hindarilah terlalu banyak penggunaan kata orang pertama pada pengantar yang kamu tulis.

 

  1. Mencari Referensi

Sebelum kerangka artikel yang kamu buat dituangkan dalam bentuk tulisan, sebainya mencarilah referensi sebanyak mungkin untuk dibaca dan dipahami terlebih dahulu. Ketika kamu mulai menuliskan isi artikel pada tulisan yang kamu garap, kamu tidak akan menemui kesulitan. Refrensi bisa kamu dapatkan dari membaca buku atau artikel-artikel terkemuka lainnya di internet  karena dengan membaca buku dan artikel bisa meningkatkan kemampuan menulis kamu. Jangan hanya terpaku pada satu referensi  saja, tetapi carilah referensi-refrensi lain sebanyak-banyaknya untuk membuat artikel yang kamu buat lebih menarik.

 

  1. Tulis Semua yang Kamu Ketahui Tanpa Takut Salah

Sebagai pemula dalam menulis artikel, kita pasti akan merasakan banyak sekali tantangan dalam menulis terutama ketidak-percayaan diri kita dalam menulis karena sering merasa takut salah. Ketika membuat artikel, hal yang harus kamu miliki yaitu rasa percaya diri untuk mengapresiasi minatmu tentang topik yang akan kamu angkat, kamu harus punya keberanian untuk menulis sesuai dengan apa yang ingin kamu suarakan melalui tulisan tersebut. Berusahalah untuk menghilangkan rasa takut tentang penilaian orang lain agar Anda bisa lebih percaya diri dalam menuangkan ide yang ingin kamu angkat di dalam tulisanmu.

 

  1. Istirahat Sejenak

Proses research sampai re-framing atau re-paraphrase yang kamu gunakan dalam menulis artikel cukup membuat tubuh dan pikiranmu merasa kelelahan. Untuk itu, ciptakanlah manajemen waktu 1satu hingga dua hari untuk istirahat dan berhenti memikirkan topik artikel yang akan kamu angkat. Setelah beristirahat penuh khusunya tidur, pemikiranmu akan berubah dan memberikan pemikiran yang signifikan lebih baik lagi untuk berpikir.

Baca Juga: 5 Langkah yang Wajib Dilakukan Sebelum Menulis

  1. Baca dan Lakukan Revisi

Bacalah kembali draf artikel yang sudah kamu tulis, pastikan tulisan yang sudah kamu buat itu rapih dan tidak ada kesalahan lagi. Bila perlu mintalah teman-teman atau orang-orang sekitarmu untuk membacanya, kemudian mintalah pendapat mereka tentang kekurangan yang ada pada artikel yang kamu buat itu. Cobalah untuk mempertimbangkan saran teman atau rekan yang sudah membaca artikel kamu tersebut sebagai acuan bagi dirimu dalam menuliskan artikel yang lebih baik dan semakin.

 

Belum ada Komentar untuk Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

Keunggulan dan Kekurangan antara Penerbit Mayor dan Indie

T 23 October 2020 F , , , , , , , , A Author

Antara Indie dan Mayor – Pernahkah kamu mendengar orang-orang menyeburkan antara penerbit mayor dan indie? Apalagi seseorang yang memang suka menulis dan bermimpi untuk menerbitkan buku. Pasti orang-orang seperti ini sibuk membicarakan antara mayor dan indie. Nah, jika kalian masih... Selengkapnya

Tips dan Trik Menjaga Mood dalam menulis

T 16 May 2016 F A admin

Bagaimana tulisan kamu? Iya kamu? Masih semangat untuk menulis? Sebagai penulis pemula, “mood” terkadang menjadi alasan untuk membuat diri kurang bertahan dalam menulis. Jika sudah terbiasa dalam menulis, tidak ada kata mood dalam menulis. Karena menulis bukan lagi didasarkan seberapa... Selengkapnya

7 Langkah Menjaga Mood saat Menulis

T 15 October 2020 F , , A Author

MOOD MENULIS – Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti pernah merasakan bad mood, apalagi saat menulis. Sebagian orang menganggap bahwa mood menulis hanya mitos. Itu hanya alasan klasik dari para pemalas dalam melarikan diri dari menulis. Namun, tak bisa dipungkiri... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.