Beranda » Lomba Menulis » Tips Agar Menang Lomba Menulis Cerpen

Tips Agar Menang Lomba Menulis Cerpen

T Diposting oleh pada 12 October 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 30 kali

Tips Agar Menang Lomba Menulis Cerpen – Menulis merupakan proses kreatif yang bisa dilakukan siapapun dan dari kalangan apapun dengan mengolaborasikan antara gagasan, perasaan, dan informasi sesuai dengan topik yang ingin disampaikan. Berprofesi sebagai seorang penulis cukup digemari masyarakat luas diera sekarang. Banyak sekali penulis-penulis pemula yang sedang memulai kariernya mencari peluang dibidang menulis. Mereka adalah orang-orang yang punya ketertarikan dibidang tulis-menulis, mau belajar dan terus berkembang, serta berproses menciptakan tulisan yang menarik untuk bisa menginspirasi orang-orang yang membacanya.

Jenis ceritayang dikembangkan pun beragam sesuai keinginan yang ingin dibagi para penulis dengan gaya penceritaanya masing-masing. Ada yang mempertahankan ciri khas melankolisnya, ada pula yang mengembangkan cerita dengan karakter independen yang tegas, bercerita dengan gaya humoris dan penuh guyonan, serta cerita dengan karakter serius yang jika dibaca dapat menimbulkan efek yang mendalam, dan masih banyak lagi.

 

Seiring dengan berkembangnya profesi menulis, banyak sekali even-even yang berkaitan dengan menulis, salah satunya yaitu lomba menulis. Jenis tulisan yang dilombakan pun beragam. Seperti halnya jenis tulisan, jenis lomba menulispun terdiri atas dua pilihan yaitu fiksi dan nonfiksi. Menulis fiksi yakni menciptakan karya kreatif yang biasanya besaral dari imajinasi sang penulis yang tak lupa pula untuk menghubungkannya dengan realitas sekitar dengan penggalan kata dan kalimat-kalimat yang imajinatif, menampilkan karangan yang menghibur untuk mempengaruhi emosi pembaca. Jenis tulisan ini berupa puisi, cerita pendek, novel, serta teks drama. Sedangkan nonfiksi adalah karya tulis yang bersifat pasti yang didukung oleh fakta-fakta yang didapatkan di lapangan dengan melakukan penelitian tertentu, bahasanya pun harus baku. Jenis tulisan ini seperti karya ilmiah, esai, artikel, dan lain-lain.

Baca Juga : Apa itu Fiksi Mini

Even lomba menulis hampir dilaksanakan setiap hari, baik dikalangan lokal, nasional, serta internasional dengan hadiah-hadiah yang menarik pula. Tidak hanya berhadiah uang tunai, dalam momen tertentu hadiah yang didapatkan begitu mengesankan seperti tiket beasiswa, liburan, dan masih banyak lagi. Tak jarang, momen-momen seperti ini dijadikan banyak orang sebagai ajang yang mungkin akan sangat rugi untuk dilewatkan.

Di dalam lomba menulis biasanya menekankan pada tema-tema yang sudah ditentukan pihak panitia, namun ada juga dibeberapa kesempatan panitia membebaskan peserta lomba berkreasi dengan tema-tema yang ingin diusung sendiri. Intinya, saat ingin mengikuti lomba menulis jangan lupa untuk meneliti syarat dan ketentuan yang panitia ajukan jangan sampai kelalaian itu akan membuatmu gagal untuk memenangkan perlombaan.

Lomba-lomba menulis juga dijadikan penulis-penulis pemula sebagai ajang untuk mengasa kemampuan diri dan memproleh pengalaman. Dengan mengikuti lomba menulis nantinya juga akan memperluas pergaulan, bertemu orang-orang seprofesi, dan mencoba saling  berbagi pengetahuan bersama. Seiring dengan berkembangnya teknologi, seperti halnya sekarang internet yang sudah sangat maju pesat, perlombaan menulis pun bisa kita temukan dalam dua jalur yakni secara daring (online) dan luring (offline). Puncak kepadatan jadwal lomba menulis biasanya dapat kita temukan dibulan Oktober, dalam even “Bulan Bahasa.” berbagai instansi baik lokal maupun nasional, sekolah-sekolahan, atau pihak swasta, akan bersama-sama memeriahkan perlombaan tahunan. Jadi, untuk apa menunda-nunda? Ini adalah mengembangkan kesempatan emas untuk mengasa kemampuan dibidang menulis, siapa tahu hadiah yang menarik itu punya kalian.

Tentu tujuan mengikuti sebuah ajang lomba yakni untuk mengharapkan kemenangan untuk segera ditaklukan dan dibawa pulang. Akan tetapi, setiap perlombaan tidak selalu berujung dengan kemenangan. Barang tentu, hal tersebut merupakan kejadian yang wajar. Namun, siapa si yang tidak mau memenangkan perlombaan dalam sebuah ajang lomba menulis? Hal tersebut merupakan impian setiap orang. Nah untuk itu, dalam artikel kali ini kita akan kupas secara lengkap tentang tips rahasia menulis untuk memenangkan perlombaan yang sangat rugi untuk dilewatkan.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian Nomor ISBN

Apa saja tipsnya? Sekarang ayo kita bahas!

  1. Ikuti Prosedur yang Sudah Ditentukan Panitia

Dalam sebuah lomba kepenulisan maupun perlombaan yang lain. Pihak panitia selalu menekankan syarat-sayarat tertentu demi kelancaran even yang sedang mereka laksakan. Syarat-syarat tersebut merupakan ketentuan dan prosedur yang harus diikuti para peserta lomba. Dalam hal ini, para peserta diminta untuk mengikuti syarat dan ketentuan itu, jika tidak maka dengan terpaksa peserta tersebut akan segera diblack-list pihak panitia.

Dalam ajang lomba menulis, biasanya pihak panitia meminta penulis untuk menyerahkan naskahnya. Panitia-panitia tersebut akan mengoreksi setiap naskah yang masuk. Mereka menyeleksi naskah-naskah tersebut dengan cara mengeceknya kembali apakah sudah mengikuti prosedur dengan baik atau tidak. Nah, untuk itu, untuk mengikuti ajang lomba menulis kita sangat ‘diwajibkan’ untuk tahu terlebih dahulu prosedur-prosedur yang ditentukan.

Contoh: “Lomba Menulis Cerpen”  melalui jalur daring di Penerbit Elmarkazi. Sebelum naskah dikirim, kita harus membaca dengan baik prosedur yang akan diikuti. Apakah kita harus mem-follow dulu akun media sosial mereka seperti halnya instagram, facebook, dan lain-lain, apakah kita harus meng-like postingan mereka dan membagikannya, apakah kita harus mengikuti ketentuan mengirimkan sinopsisnya terlebih dahulu, dan masih banyak lagi contoh lain.

  1. Sesuaikan dengan Tema

Pihak-pihak tertentu dalam suatu lomba kepenulisan, biasanya memfokuskan tema-tema tertentu sesuai dengan pasar yang sedang trand atau momen yang akan dimeriahkan. Untuk itu, tema merupakan hal yang harus sangat kita perhatikan agar tulisan yang dibuat dalam terseleksi dengan baik ketangan juri.

Contoh: dalam rangkah memeriahkan hari pahlawan, Penerbit Elmarkazi melaksanakan lomba menulis puisi dengan tema pahlawan. Tema tersebut harus diikuti, apabila naskah yang ditulis melenceng dari tema meski naskah itu sangat bagus, sudah barang tentu naskah tersebut akan ditolak dan disingkirkan. Melenceng dari tema saja sudah membuat kita getir, apalagi jika yang dibuat tidak sesuai tema.

Dalam momen-momen tertentu juga, panitia tidak terlalu menargetkan atau menentukan tema yang harus dibuat. Maka dari itu, sebelum mengikuti sebuah ajang perlombaan syarat dan ketentuan harus dibaca dengan baik-baik yah.

Baca Juga : Cara Mengasah Kretivitas Menulis

  1. Buat Sesuatu yang ‘Wah’

Ide kreatif sangatlah kita butuhkan dalam mengikuti perlombaan. Para peserta diminta untuk berkreasi dengan kepiawaian bersama tema tersebut. Untuk itu, sangat diwajibkan sekali jika ingin mengikuti suatu ajang perlombaan buatlah sesuatu yang menarik, unik, dan tidak membosankan. Ciptakan karakter yang tidak membosankan, dengan pengaluran tulisan yang terarah jika yang ditulis merupakan teks nonfiksi, jika tulis yang diminta adalah fiksi buatlah jenis alur yang mencengangkan dan susah untuk ditebak.

Tulislah cerita yang mengesankan berdasarkan pengalaman pribadimu, masyarakat sekitar, serta yang bernaungan diimajinasi menjadi subuah produk tulisan yang briliant. Carilah sesuatu yang berbeda, bukan sesuatu yang biasa.

  1. Buatlah Sebaik Mungkin

Poin penilaian yang akan dilakukan para dewan juri tidak hanya meliputi isi dari pembasan yang ada di dalam naskah yang mereka terima, tetapi juga fisik dari naskah tersebut. Dewan juri adalah orang-orang terpilih yang akan mengkritisi naskah yang dibuat oleh para peserta, maka setelah naskahmu siap cobalah untuk mengedit kembali tata bahasa yang kamu pakai. Editlah ejaan-ejaan yang salah dan buang kata-kata yang tak bermakna yang sifatnya tidak terlalu penting. Jika perlu, suruhkan teman-temanmu atau orang yang lebih berpengalaman untuk ikut mengedit naskah yang kamu buat.

  1. Jangan Mengirim Naskah saat Deadline

Pastikan naskah yang kau buat sudah selesai sebelum ketentuan waktu yang sudah panitia anggarkan dan segeralah kirim sebelum jangka waktu itu habis. Segerahlah edit kembali naskahmu dengan memperhatikan ketentuan tata bahasa yang berlaku, dan jangan menunda-nunda untuk mengirim jika naskahmu sudah siap. Selain itu, jangan menunda-nunda untuk menulis naskahmu karena deadline yang diajukan masih lama. Hal tersebut hanya akan membuatmu tergesah-gesah saja, hasilnya tulisanmu akan berantakan dengan ending cerita yang tak terarah atau bahkan terkesan dipaksakan. Mengirim naskah saat deadline, apa lagi lomba yang akan kamu ikuti itu merupakan perlombaan daring.  Diakhir deadline, jaringan pengiriman akan terganggu karena banyak yang mengirim pula sehingga kamu tidak bisa mengirimkan naskah terbaikmu ke dalam perlombaan yang ingin kamu ikuti. Meski pada akhirnya naskahmu tetap terkirim, maka naskah itu tidak ikut dalam penilaian juri karena bisa saja tertinggal sebab mereka terburu-buru. Jadi, untuk menjadi seorang penulis harus tetap disiplin yah.

Tips kita cukup di sini saja ya. Selamat menulis, semoga dengan membaca tips ini akan membuatmu semakin semangat menulis untuk mengikuti berbagai even-even perlombaan mendatang. Semoga bermanfaat!

MENULIS ADALAH TENTANG BERBAGI. MAKA, TULISKANLAH APA YANG INGIN KAU BAGIKAN. PASTIKAN MENGINSPIRASI DAN BERMANFAAT UNTUK BANYAK ORANG.

Belum ada Komentar untuk Tips Agar Menang Lomba Menulis Cerpen

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tips Agar Menang Lomba Menulis Cerpen

Langkah Mudah Menulis Puisi Cinta

T 28 October 2020 F , , , A Author

Puisi Cinta – Rasa cinta merupakan ungkapan kasih sayang kita terhadap seseorang. Biasanya cinta selalu berhubungan dengan romansa. Jadi sudah dpastikan bahwak jenis puisi cinta ini termasuk ke jenis puisi romansa. Kamu bisa melihat materi tentang puisi: Pengertian, ciri-ciri, macam-macam,... Selengkapnya

Tips dan Trik Menjaga Mood dalam menulis

T 16 May 2016 F A admin

Bagaimana tulisan kamu? Iya kamu? Masih semangat untuk menulis? Sebagai penulis pemula, “mood” terkadang menjadi alasan untuk membuat diri kurang bertahan dalam menulis. Jika sudah terbiasa dalam menulis, tidak ada kata mood dalam menulis. Karena menulis bukan lagi didasarkan seberapa... Selengkapnya

7 Kesulitan yang Sering dihadapi Penulis dan Solusi Mengatasinya

T 3 June 2016 F , , A admin

Nulis ya nulis aja, yang sering bikin kita bingung dan sulit jadi penulis karena kita nggak nulis-nulis. Tidak pernah mencoba menulis, tidak bergaul dengan para penulis, tidak bergabung dengan komunitas penulis, bagaimana kita ingin menulis? Banyak sekali yang berkomentar, nulis... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.