Beranda » Dunia Menulis » Syarat Tulisan Yang Benar

Syarat Tulisan Yang Benar

T Diposting oleh pada 24 May 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 5407 kali

Menulis merupakan sarana dalam berpendapat mengeluarkan ide dan gagasan, menumpahkan imajinasi dalam bentuk rangkaian kata yang berupa kalimat. Aktivitas ini tak akan lepas dari aktivitas harian kita. Terkadang, dalam situasi tertentu kita benar-benar dituntut untuk menulis yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku pada suatu tulisan.

Mengenai konsep yang membahas tentang tulisan yang baik, mungkin hampir semua orang mampu melakukan artivitas ini. Namun, untuk menuliskan tulisan yang benar, ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penulis, terutama penulis pemula. Ketika sudah menulis dengan nyaman dan baik, mungkin ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam tulisan, yaitu membuat tulisan menjadi benar.

Tulisan yang benar tentunya juga merupakan tulisan yang berkualitas. Dalam menuliskan sesuatu yang berkualitas, tentu kita tidak akan sembarangan menulis saja. Lantas, bagaimana agar tulisan kita tidak hanya menjadi tulisan yang baik namun juga benar? Tentu, ada banyak yang lebih detail lagi yang perlu diketahui dan diperhatikan untuk membuat tulisan menjadi benar.

Pengertian Menulis, Syarat Menulis yang Baik

Berikut, syarat-syarat wajib dalam menulis tulisan yang benar:

Pertama, Stuktur Tulisan.

Struktur tulisan merupakan hal-hal yang berhubungan dengan jenis dan bentuk pada pola kalimat yang digunakan disuatu tulisan. Struktur kalimat tidak selalu membicarakan kaidah berurutan seperti: Subjek (S) + Predikat (P) + Objek (O) + Keterangan (K) tetapi saat ini banyak sekali kalimat yang tidak mengikuti kaidah tersebut. Meski begitu, tulisan yang terdapat pada struktur masih mampu dipahami dan diartikan dengan baik.

Struk tulisan yang terdapat dalam naskah yang kita buat haruslah diperhatikan dengan benar,  karena walaupun tulisan kita sudah menarik dan baik, namun jika susunannya kacau balau tentunya akan membuat pusing membacanya. Untuk itu, dalam suatu tulisan ciptakanlah tulisan-tulisan yang terarah

 

Kedua, Perhatikan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dan Typografi.

Berikutnya perhatikan Ejaan dan typo. Kita terkadang kurang mendalami dan mengetahui hal seperti ini sehingga membuat tulisan kita yang menarik jadi terasa berlubang. Jangan anggap remeh hal ini. Jika ingin memiliki tulisan yang baik tentunya hal seperti ini pun harus kita ketahui.

Ejaan merupakan ketetapan dan kaidah-kaidah yang perlu dipenuhu dalam menulis. Aturan tersebut meliputi bentuk tanda baca, seperti penempatan tanda titik (.) yang tepat, penempatan tanda koma (,) yang sesuai, penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf miring, dan masih banyak lagi.

Ejaan di dalam bahasa Indonesia sudah berubah-ubah dari zaman dahulu. Ejaan pertama kali digunakan dalam bahasa Indonesia yaitu Ejaan van Ophuysen (1901 hingga bulan Maret 1947), Ejaan Republik (mulai berlaku pada tanggal 19 Maret 1947), Ejaan Pembaharuan, Ejaan Melindo (hasil perumusan ejaan Melayu dan Indonesia pada tahun 1959), Ejaan Baru, Ejaan Yang Disempurnakan (berlaku sejak tahun 1972 sampai 2015), dan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) (saat ini). Nah, sekarang yang berlaku itu EBI ya, Sobat. Jangan  kalian malah menggunakan ejaan republik pada tulisan kalian, hehe.

Jika, Sobat masih belum punya buku tentang Ejaan Bahasa Indonesia ini, kamu bisa mengakses langsung pada halaman-halaman daring yang sudah menyediakan Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia (PUEBI). Lebih simpel, bukan? Jadi, Sobat tidak perlu susah-susah bolak-balik kertas lagi.

 

Ketiga, Tujuan Tulisan yang Jelas.

Buatlah tulisan yang benar-benar runtut sehingga tidak membuat bingung dan pusing pembaca. Jika beralasan, “tulisanku tidak perlu dibaca orang lain” sehingga membuat tulisan yang asal-asal itupun tidak menjadi bagus, karena kita kurang mampu menghargai diri sendiri dengan tidak memberikan yang terbaik kepada diri sendiri.

Hal-hal sederhana dalam menulis inilah yang mampu menunjang kemampuan dan kualitas tulisan kita agar menjadi lebih baik dan terus berkembang. Jika sudah paham, saatnya kita MENULIS, dan inilah langkah-langkah yang bisa Kamu gunakan untuk memulai tulisan hebatmu.

Belum ada Komentar untuk Syarat Tulisan Yang Benar

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Syarat Tulisan Yang Benar

Puisi Kontemporer: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam, dan Contoh

T 15 October 2020 F , A Author

Pengertian Puisi Kontemporer Pernah mendengar tentang puisi kontemporer? Apa ya puisi kontemporer? Menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia kontemporer artinya ‘pada waktu yang sama; semasa; sewaktu; pada masa kini; dewasa ini.’ Maka, secara garis besarnya puisi kontemporer berarti puisi yang... Selengkapnya

5 Langkah Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

T 21 October 2020 F , , , , , A Author

Menulis cerita fantasi merupakan salah satu proses menulis yang sangat menyenangkan. Untuk membuat cerita bergendre ini, hal yang harus kita lakukan agar cerita tampak realistis adalah dengan mendeskripsikan latar dengan mendetail, mengembangkan daya khayal yang supernatural, menciptakan tokoh fiksi yang... Selengkapnya

Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

T 16 October 2020 F , A Author

Penulis Pemula Menjadi seorang penulis adalah salah satu bidang yang naik daun diera saat ini. Selain untuk menyalurkan hobi menulis, ada banyak seali manfaat yang akan kita keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita merupakan seorang penulis. Untuk itu, dimasa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.