Beranda » Dunia Menulis » Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

T Diposting oleh pada 16 October 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 20 kali

Penulis Pemula

Menjadi seorang penulis adalah salah satu bidang yang naik daun diera saat ini. Selain untuk menyalurkan hobi menulis, ada banyak seali manfaat yang akan kita keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita merupakan seorang penulis. Untuk itu, dimasa sekarang banyak sekali orang-orang yang berusaha untuk mengembangkan bakat di bidang ini.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia begitu banyak sekali penuli-penulis baru yang begitu melejit dengan karyanya. Tak hanya baru, tetapi juga masih muda. Tunggu apa lagi? Mungkin ini adalah kesempatan kamu untuk menjadi ‘the next young writer’ di negara kita ini. Nah, buat kamu yang masih tergolong sebagai penulis pemula, tidak perlu khawatir untuk mencari wadah yang tepat untuk belajar.

Novel menjadi media yang cukup digemari banyak profesi sekarang, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek. Membaca ovel mengisahkan kesan yang tersirat menghibur, menambah wawasan, dan memberi pengalaman hidup yang sangat bermanfaat melalui kisah yang terlukis di dalamnya. Apakah kamu berniat untuk manjadi seorang penulis novel?

Baca Juga: Puisi Kontemporer: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam, dan Contoh

Hehe, tidak perlu khawatir. Menjadi penulis novel, tidak harus menerbitkan buku kok. perkembangan teknologi akan memberi support yang besar untuk karir menulismu kamu bisa merealisasikan tulisanmu ke dalam platform-platform yang berupa aplikasi menunis langsung bisa diakses dari gawai kamu masing-masing. Jika tulisanmu mendapatkan pembaca ynag banyak dan respon yang memuaskan, naskahmu akan langsung dilirik oleh penerbit mayor dan akan langsung diterbitkan. Sudah banyak sekali, lho, penulis-penulis terkenal dengan jalan seperti ini.

Ets, tidak perlu khawatir buat kamu yang masih pemula sekali dalam menulis dan masih merasa belum terllau percaya diri untuk mengembangkan tulisan dalam bentuk novel. Sekarang, akan kita bahas tips jitu atau rahasia-rahasia yang belum kamu tahui tentang BAGAIMANA MENULIS NOVEL BAGI PEMULA. Langsung saja, yuk…..

  1. PILIHLAH TOPIK YANG KAMU KUASAI DAN ADA DISEKITARMU

Topik mejadi hal terpenting untuk kamu pikirkan matang-matang sebelum mengambil tindakan yang lebih mendalam lagi memgenai konsep yang akan kamu angkat di dalam naskah novelmu. Sebab, topik adalah sarana utama yang akan menjadi busur tulisanmu.

Topik yang kamu kuasai juga menjadi hal mutlak yang tak luput dari rencana yang akan kamu pilih. Pilihlah topik yang akrab dan tak jauh dari pantauanmu. Misalnya kamu senang berolahraga bulu tangkis, kamu bisa membuat cerita seperti perjuangan seorang atlet bulu tangkis yang berjuang untuk lolos pada olimpiade. Jangan malah tidak nyambung, karena kamu mengangkat tema tentang penari padahal kkamu sendiri tidak mengerti tentang menari.

  1. TENTUKAN TARGET PEMBACA YANG MENJADI TUJUANMU

Sebelum kamu menuliskan novel, sebaiknya kenali dahulu siapa saja yang akan menjadi target pembaca yang kamu pilih. Apakah anak-anak, remaja, aau dewasa? Tentukan juga target umur yang menjadi sasaranmu, karena hal itu berpengaruh dengan topik dan gaya bahasa yang akan kamu pakai. Jika kamu menargetkan anak-anak dan remaja sebaiknya buatlah tulisan yang tidak jauh dari kalangan pembaca itu dengan suguhan cerita yang santai dan bahasa yng tidak terlalu sulit. Lain lagi, jika kamu menargetkan pembaca dalam dewasa atau orang-orang yang sudah akrab dengan membaca, pilihlah bahasan yang berat, jangan malah kamu menyuguhkan cerita remaja yang sedang menganal cinta-cintaan.

Baca Juga: 7 Langkah Menjaga Mood saat Menulis

  1. TENTUKAN SETTING YANG AKAN KAMU GAMBARKAN

Setting atau latar merupakan unsur yang snagat penting dalam sebuah novel. Pasalnya, setting pada sebuah novel ibaratkan panggung pertunjukan. Namun, setting tetap memiliki aturan dan batasannya sendiri pada tiap setting yang digunakan.

Setting terdapat atas tia macam, yaitu: Tempat, Waktu, dan Suasana. Melalui tiga elemen ini, kita bisa membuat dunia baru milik kita sendiri meski pada nyatanya dunia yang kita tuliskan belum pernah kita rasakan. Peran imajinasi sangat diperlukan dibaian ini. Ets, jika kamu merasa belum mampu untuk membuat setting yang akan kamu angkat, mulailah dari setting yang ada disekitarmu. Misalnya kamu tinggal di Kota Medan, maka tuliskanlah setting sesuai dengan kota Medan yang ingin kamu gambarkan. Jangan malah kamu tinggal di Medan tetapi ingin membuat setting di daerah Jerman padahal kamu belum tahu bentuk dan suasan aynag ada di sana, membaca artikel di internet tak cukup mendukung pengetahuanmu. Jadi, supaya lebih aman tulislah setting yang benar-benar kamu kenali ya, Sobat.

  1. TENTUKAN UNSUR PEMBANGUN DAN UNSUR PENDUKUNG LAIN.

Unsur pembangun pada sebuah novel merupakan unsur wajib yang perlu dipikirkan matang-matang. Jika tidak ada unsur pembangun pada sebuah karya tulis, maka tidak akan sah karya tulis itu disebut sebagai novel.  Novel memiliki bab-bab pendukung yang menghubungkan antara satu unsur pembangun dengan unsur pembangun lainnya. Jika unsur pembangun yng digunakan tidak lengkap, maka novel yang kita suguhkan pun tidak terasa lengkap untuk dibaca.

  1. BUATLAH KERANGKA TULISAN

Kerangka tulisan adalah patokan awal yang menjadi sumbu pemikiran kita. Dengan menuliskan kerangka awal, maka ide-ide awal yang muncul dipikiranmu. Kerangka tulisan adalah bagian dari perencanaan untuk eksekusi pada tulisanmu nantinya. Di dalam kerangka tulisan, tercatat apa saja yang ingin kamu tuliskan nantinya di dalam novel yang akn kamu garap. Menuliskan kerangka tulisan dapat membantumu untuk mengingat apa saja yang ingin dituangkan dalam novel yang akan kamu garap. Dengan kerangka ini kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai  tempat untuk mengumpulkan data yang melengkapi tulisanmu nantinya.

KLIK DISINI untuk mendapatkan informasi seputar penerbitan.

  1. MULAILAH MENULIS!

Ini adalah proses inti dari segala gagasaan dan imajinasi yang sudah kamu konsep dan terkumpul baik secara tertulis atau tersirat di pikiranmu. Acrilah tempa ternyaman untuk menulis dan waktu yang tepat yang lebih mendukungmu dalam menulis agar idemu bisa terealisasi sempurna ke dalam tulisan yang akan kamu buat. Jangan terburu-buru unrtuk menyelesaiakan tulisan yang sudah kamu konsepkan, manfaatkanlah kembali kerangka tulisan yang sudah kamu buat. Apabila kamu sedang mengalami krisi ide atau istilah yang sering penulis kenal dengan sebutan ‘writer block’ karena hilangnya inspirasi yang ingin kamu tuliskan, berhentilah sejenak dan lakukan aktivitas-aktivitas berfaedah yang akan merefresh pikiranmu. Setelah kamu rileks kembali, maka segeralah berusaha melanjutkan tulisanmu.

  1. EDIT KEMBALI NASKAH YANG SUDAH KAMU BUAT

Mengedit kembali naskah yang telah dibuat adalah proses kreatif kdua setelah menulis. Kegiatan ini tak kalah asyiknya lho, sebab kamu akan menjadi editor untuk naskahmu sendiri. Setelah selesai menulis, wajib sekali untuk membaca ulang tulisan yang sudah dibuat dari awal hingga akhir. Perhatikan penempatan tanda baca, ejaan, margin, penggunaan kalimat majemuk, footnote, jika memungkinkan daftar pustaka. Kamu bisa memanfaatkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) untuk membantumu melakukan editing. Perhatikan juga penggunaan antar kalimat. Apakah kalimat bisa dikatagorikan nyambung atau justru meloncat dari topik ke topik lainnya. Jangan sampai pembaca kebingungan setelah pembaca tulisanmu.

Baca juga: Panduan Menulis Cerpen Yang Baik dan Benar

 

Belum ada Komentar untuk Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

Perbedaan dan Persamaan Novel dan Novelet

T 12 October 2020 F , A admin

Pengertian Novelet  Novelet merupakan salah satu karya sastra berbentu prosa fiksi yang ukurannya lebih kecil dari novel dan lebih besar dari cerpen. Ukuran yang dimaksudkan bukanlah dari segi bentuknya, tetapi dari isi di dalamnya yang biasanya lebih tebal dari cerpen... Selengkapnya

Teknik Pengembangan Alur pada Cerpen

T 22 October 2020 F , , A Author

Cerita Pendek – Kamu yang gemar menulis, tentu tidak asing dengan jenis tulisan ini. Jangankan si gemar menulis, mereka yang tidak pernah menulis fiksipun pasti juga tahu tentang CERITA PENDEK atau yang popular dengan akronim CERPEN ini. Sebab, cerpen masuk... Selengkapnya

Tips dan Trik Menjaga Mood dalam menulis

T 16 May 2016 F A admin

Bagaimana tulisan kamu? Iya kamu? Masih semangat untuk menulis? Sebagai penulis pemula, “mood” terkadang menjadi alasan untuk membuat diri kurang bertahan dalam menulis. Jika sudah terbiasa dalam menulis, tidak ada kata mood dalam menulis. Karena menulis bukan lagi didasarkan seberapa... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.