Beranda » Dunia Menulis » Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

T Diposting oleh pada 26 October 2020
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 55 kali

Artikel Berkualitas Kualitas dan tingkat kepuasan merupakan keinginan dasar bagi setiap orang yang memakai suatu jasa tertentu. Sebab, setiap orang pasti menginginkan sesuatu yang memang baik dan tepat, termasuk seorang pembaca yang sedang mencari informasi tertentu.

Secara umum dapat kita simpulkan bahwa artikel merupakan  sederetan kata, kalimat, paragraf yang ditulis sebagai bahan yang memberikan sebuah informasi kepada para pembaca, dilengkapi berbagai komponen pendukung bisa itu gambar maupun video guna memperlengkap isi informasi. Untuk itu, kriteria artikel yang berkualitas adalah hal yang cukup penting diperhatikan baik berdasarkan pihak penulis maupun pembaca.

Ada dua media yang biasa digunakan untuk menyebarluaskan artikel. Media tersebut yaitu media cetak (offline) diantaranya seperti koran, tabloid, majalah, dan lain-lain. Sedangkan media elektronik (online) antara lain adalah website, media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan berbagai media sosial lainnya.

Baca Juga: Macam-macam Gendre pada Novel

Era perkembangan teknologi seperti saat ini, media elektronik semakin banyak digunakan untuk menyebar informasi berupa artikel mengingat kemudahan dalam penggunaannya, baik menyebar dan menerima. Anak-anak sampai lanjut usia, orang baik dan jahat, berpendidikan tinggi maupun rendah, rata-rata sudah bisa mengaplikasikan internet. Melalui internet, penulis bebas menulis apa saja sesuai keinginan mereka baik untuk kepentingan pribadi dan umun.

Untuk itu, mari kita pahami ciri-ciri yang harus kamu tahu untuk emnentukan artikel yang berkualitas yang akan diuraikan di bawah ini:

  1. Orisinilitas dari Sebuah Artikel

Ciri artikel yang tak luput dari perhatian berkualitas adalah keorisinilitasannya. Perkembangan internet di dunia akan membuat kita menjadi kesulitan untuk menemukan artikel yang benar-benar orisinil. Kebanyakan penulis menuliskan sesuatu yang sudah ada sehingga, sehingga terlihat umum, basi, dan benar-benar tak menarik sehingga tak memenuhi informasi yang kita cari.

Teknologi search engine semakin hari semakin canggih untuk menentukan kualitas suatu artikel. Algoritma mesin pencari secara garis besar sudah dapat dijadikan penentu kualitas suatu artikel yang di ukur dari experience.

  1. Isinya yang Membahas Hal-hal yang Informatif

Kualitas suatu artikel dapa dilihat dari isinya yang informatif. Artikel tersebut benar-benar memberi info penting pada para pembaca, bukan hanya melalui tipu judulnya saja. Sehingga pembaca, dapat merasakan kepuasan setelah membaca artikel yang mereka baca. Sebab, saat ini  banyak kita temui artikel yang isihanya berisikan judul kontrovesi tetapi isinya tidak sesuai dengan judul. Tentu, hal tersebut sangat merugikan pembaca. Pembaca yang memang membutuhkan dan mengharapkan informasi sesuai dengan judul yang disuguhkan pada artikel tersebut akan merasa ditipu, informasi yang mereka butuhkan tidak dapat dicapai.

Nah, untuk itu supaya artikel yang kamu buat tergolong menjadi artikel yang berkualitas pastikan judul sesuai dengan isi artikel ya. Isi artikel pun harus mengandung suatu informasi yang benar-benar memiliki bobot yang baik untuk dibaca. Informasi tersebut harus dijabarkan untuk mencari solusi dari maslaah yang sedang dicari para pembaca dan bisa menjawab pertanyaan. Informasi yangdimuat dalam artikel pun sebisa mungkin ditulis berasal sumber yang terpercaya dan berdasarkan fakta.

Baca Juga: Tips Membuat Alur yang Mencengangkan pada Cerita

  1. Menggunakan Bahasa Indonesia yang Benar

Penggunaan bahasa indonesia diera teknologi ini sering sekali melenceng. Pasalnya banyak sekali jenis-jenis bahasa baru yang merupakan bahasa gaul yang diciptakan anak-anak muda di era sekarang. Tentu hal tersebut akan merusak kredibelitas yang dibangun dalam suatu artikel. Walaupun seperti yang kita tahu, banyak sekali ditemui artikel-artikel yang seperti itu.

Tata bahasa yang dipakai di sebuah artikel sangat mempengaruhi erat dengan kualitas pada artikel tersebut. Para pembaca akan lebih mudah memahami artikel yang ditulis dengan bahasa yang bagus daripada yang acak-acakan apalagi yang bahasanya tidak sesuai dengan tuntunan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

  1. Artikel Mengandung Unsur Seo

Jika artikel yang ditulis tersebut adalah untuk sebuah blog, maka yang harus dimiliki yaitu kata kunci yang ditargetkan. Namun, kata kunci pada artikel di blog ini jangan terlalu banyak, sebab saat ini mesin pencarian sudah canggih. Kata kunci yang terlalu banyak biasanya akan menyebabkan artikel susah untuk dipahami, tampak terkesan memaksakan.

Untuk memastikan kata kunci yang tidak berlebihan yaitu buatlah artikel yang tanpa meninggalkan kata kunci yang anda targetkan. Yang harus kamu ketahui juga bahwa sekarang ini algoritma Google sangatlah canggih dan begitu memperhatikan kepuasan pembaca.  Jadi, pastikan artikel yang kamu buat memang benar-benar memiliki kualitas tinggi agar bisa bersaing dengan yang lain.

Jika internet media yang kamu gunakan untuk publikasi artikel maka yang akan menilai kualitas artikel yang kamu buat itu adalah sebuah mesin. Mesin penilai sebuah artikel berkualitas berdasarkan penerapan optimasi SEO di dalamnya, seperti bidikan pada kata kunci yang tepat sasaran, kepadatan antara 1% – 5% pada kata kuncinya tersebut, penempatan keyword yang sesuai pada judul, deskripsi, paragraf, tautan, dan  penjelasan panjang sampai beribu karakter. Semakin bagus SEO pada sebuah artikel maka semakin berkualitas pula di mata mesin pencari sehingga artikel yang kita buat bisa bertengger di halaman pertama kolom pencarian.

  1. Memberikan Manfaat Kepada Pembaca

Memberikan manfaat kepada pembaca artinya yaitu dapat menyajikan artikel yang dapat memberikan jawaban dan solusi atas permasalahan yang dialami pembaca, memberi dampak postif dalam memecahkan persoalan yang ada. Bukan artikel panjang lebar yang justru membingungkan. Perusahaan-perusahaan besar mesin pencarian di laman internet era sekarang sangat mengedepankan kepuasan para pengguna internet sehingga algoritma yang akan mereka diperbaharui pada setiap waktu yaitu untuk mencapai tujuan tersebut. Nah jika kamu berkeinginan agar artikel yang kamu buat bisa tampil nomor satu di mesin pencari dengan cara membuat artikel yang benar-benar memberikan manfaat untuk para pembaca di blog yang kamu kelola. Di sanalah kita dapat memahami mengapa artikel harus berkualitas dan memiliki ciri memberi manfaat serta solusi bagi para pembaca.

Baca Juga: Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Manfaat dan Jenis, Struktur, Dimensi

KLIK DISINI untuk mengetahui tentang penerbitan.

Belum ada Komentar untuk Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

Cara Membuat Cover Buku Menarik Selayang Pandang

T 21 October 2020 F , , , , , , , A Author

Cover yang Menarik – Beberapa hari lalu saya menemani adik saya ke tokoh buku untuk mencari buku refrensi yang memuat tentang teori yang digunakan dalam penelitian skripsinya. Merasa bosan dengan pemandangan yang hanya menyuguhkan buku-buku berisikan teori serius, saya pun... Selengkapnya

Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah

T 28 October 2020 F , , , A Author

Karya tulis ilmiah atau biasa dikenal juga dengan akronim KTI bukanlah pekerjaan yang asing bagi kalangan masyarakat terpelajar. Baik itu para guru, siswa, dosen, mahasiswa,dan kalangan terpelajar lainnya. Tekhusus mahasiswa sendiri, karya ilmiah adalah hal wajib yang harus dikuasai baik... Selengkapnya

Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

T 16 October 2020 F , A Author

Penulis Pemula Menjadi seorang penulis adalah salah satu bidang yang naik daun diera saat ini. Selain untuk menyalurkan hobi menulis, ada banyak seali manfaat yang akan kita keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita merupakan seorang penulis. Untuk itu, dimasa... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.