Beranda » Dunia Menulis » Pengertian Menulis

Pengertian Menulis

T Diposting oleh pada 24 May 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1420 kali

Salam berkarya. Apa kabar kamu? Iya kamu?

Sudah menulis hari ini? Apapun itu. Sms, whatssapp, line, bbm, status, atau mungkin sebuah cerita di awal pagi ini sudah kamu tuliskan. Apapun itu selamat buat kamu yang sudah berhasil untuk menulis pada awal hari ini. Tentunya akan lebih enak jika kita mampu menulis yang baik dan benar, sehingga tulisan kita menjadi lebih apik dan menarik, tidak hanya bisa dinikmati sepasang mata kita saja, namun dinikmati oleh berbagai pasang mata yang lainnya. Bagaimana sih caranya yuk kita kupas satu-satu.

cara menulis puisi, aturan menulis puisi

Pengertian menulis

Sebelum kita memasuki langkah yang lebih jauh dalam menulis apalagi membuatnya menjadi rangkaian kata yang baik dan benar, kita harus tahu dulu pengertian menulis. Ada beberapa pendapat menurut para ahli tentang pengertian menulis. Pertama menurut akhadiah, S.dkk. (1988:2), menulis merupakan suatu proses, yaitu proses penilaian. Ini berarti dalam melakukan kegiatan menulis ada beberapa tahap. Tahap-tahap itu dari prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang memiliki tahapan.

Sementara itu menurut para ahli yang lain, syamsudin (1991:2), dalam arti sederhana menulis itu mencoret-coret dengan alat tulis, dan dalam arti sesungguhnya menulis adalah salah satu jenis keterampilan berbahasa yang dimiliki dan digunakan oleh manusia sebagai alat komunikasi tidak langsung.

Dari beberapa pendapat diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa menulis adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk bisa menjadikannya berguna ataupun hanya sekedarnya saja. Membuat tulisanpun tidak bisa sembarangan, seperti pendapat dari Akhadiah sebelumnya yang mengatakan menulis adalah sebuah proses penilaian, jadi ketika membuat sebuah tulisan harus memperhatikan apakah itu akan menjadi sebuah hal yang baik dan benar. Bagaimana caranya? Yuk kita pahami lagi lebih mendalam tentang menulis di Artikel Selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk Pengertian Menulis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pengertian Menulis

4 Langkah Mudah Mengedit Naskah Sendiri

T 12 October 2020 F , A admin

Cara Penyuntingan Naskah – Setelah naskah selesai ditulis, langkah yang harus kamu lakukan pada naskahmu adalah proses penyuntingan atau editing. Proses ini tak kalah pentingnya, dengan dilakukan proses editing sebuah naskah akan diolah menjadi tulisan yang lebih matang lagi, lebih... Selengkapnya

Keunggulan dan Kekurangan antara Penerbit Mayor dan Indie

T 23 October 2020 F , , , , , , , , A Author

Antara Indie dan Mayor – Pernahkah kamu mendengar orang-orang menyeburkan antara penerbit mayor dan indie? Apalagi seseorang yang memang suka menulis dan bermimpi untuk menerbitkan buku. Pasti orang-orang seperti ini sibuk membicarakan antara mayor dan indie. Nah, jika kalian masih... Selengkapnya

Syarat Tulisan yang Baik

T 24 May 2016 F A admin

Tulisan yang baik itu adalah TULISAN YANG DITULIS. Lho kok gitu? Semua orang bisa dong? Jelas! Semua orang dapat melakukan kegiatan menulis karena menulis adalah kegiatan bebas yang bisa dilakukan siapapun. Sebaik apapun tulisan kalo hanya menjadi angan, tidak akan... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.