Beranda » Penerbit » Penerbit Elmarkazi – Penerbit Anggota IKAPI (Ikatan Penulis Indonesia)

Penerbit Elmarkazi – Penerbit Anggota IKAPI (Ikatan Penulis Indonesia)

T Diposting oleh pada 5 March 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 144 kali

Penerbit Anggota IKAPI

Ikatan Penerbit Indonesia atau lebih sering dikenal IKAPI didirikan tanggal 17 Mei 1950 di Jakarta atas kesepakatan dan di prakarsai oleh beberapa penerbit di Indonesia ketika itu. Lahirnya IKAPI berawal dari hasrat yang besar dijiwai untuk membantu pemerintah dalam membangun masyarakat Indonesia yang cerdas, dan memiliki semangat untuk menggantikan posisi penerbit asing, khususnya Belanda, yang masih memonopoli kegiatan penerbitan buku di Tanah Air.

Ada 3 Orang yang menjadi pelopor dan inisiator atas berdirinya IKAPI. Mereka adalah Sutan Takdir Alisjahbana, M. Jusuf Ahmad, dan Nyonya A. Notosoetardjo.

IKAPI kemudian dibentuk sebagai organisasi profesi penerbit buku yang berasaskan Pancasila, gotong royong, dan kekeluargaan. Atas kesepakatan para pendiri IKAPI diangkatlah Achmad Notosoetardjo sebagai Ketua pertama IKAPI, Ny. Sutan Takdir Alisjahbana sebagai wakil ketua, Machmoed sebagai sekretaris, M. Jusuf Ahmad sebagai bendahara, dan John Sirie sebagai komisaris.

Jika pada awal waktu lahirnya IKAPI hanya beranggotakan 13 penerbit saja, maka sekarang jumlah anggota IKAPI sudah mencapai ± 1500 penerbit yang tersebar di seluruh Kota/Provinsi se Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, IKAPI tetap eksis menjadi satu-satunya organisasi penerbit buku di Indonesia, yang mampu memperjuangkan dan melayani berbagai kepentingan para anggotanya.

Kantor Pusat dan Pusat kegiatan IKAPI berkedudukan di Jakarta, sedangkan setiap daerah memiliki cabang-cabang dan perwakilan organisasi ini yang berkedudukan di ibu kota tiap-tiap provinsi. IKAPI kini memiliki 7 (tujuh) kantor cabang, masing-masing DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Sumatera Barat, serta 3 (tiga) kantor perwakilan masing-masing Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Selatan, serta Bali.

Penerbit Elmarkazi – Anggota IKAPI

Manfaat dari Penerbit Anggota IKAPI adalah sebagai berikut :

  1. Penerbit Anggota IKAPI diakui, resmi, dan sah secara Nasional.
  2. Penerbit Anggota IKAPI memperoleh informasi terbaru terkait dunia penerbitan buku di Indonesia.
  3. Penerbit Anggota IKAPI memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai macam pameran buku yang diselenggaran oleh IKAPI di seluruh Indonesia.
  4. Penerbit Anggota IKAPI mendapatkan eksistensi sebagai anggota organisasi profesi untuk berhubungan dengan organisasi profesi atau organisasi bisnis lainnya, baik dalam bidang perbukuan maupun bidang di luar perbukuan.
  5. Penerbit Anggota IKAPI mendapatkan pengembangan profesionalitas perbukuan lewat berbagai event yang diadakan Ikapi.
  6. Penerbit Anggota IKAPI dipercaya karena memiliki kredibilitas dan akuntabilitas tinggi dalam pengelolaan bisnisnya.

Belum ada Komentar untuk Penerbit Elmarkazi – Penerbit Anggota IKAPI (Ikatan Penulis Indonesia)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Penerbit Elmarkazi – Penerbit Anggota IKAPI (Ikatan Penulis Indonesia)

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.