Beranda » Dunia Menulis » Macam-macam Genre pada Novel

Macam-macam Genre pada Novel

T Diposting oleh pada 24 October 2020
F Kategori , , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 68 kali

Novel adalah karya tulis yang cukup digemari dikalangan masyarakat. Salah satu hal yang terpenting yang terdapat di dalam sebuah novel yaitu gendre pada novel tersebut. Genre itu sendriri merupakan model yang menjadi dasar pada cerita di sebuah buku. Genre biasanya mencerminkan tren masyarakat dan evolusi seseorang untuk bereksperimen tanpa batasan-batasan. Hingga akhirnya pembacalah yang akhirnya memutuskan mengenai eksperimen yang sudah dilakukan, jika berhasil maka mereka akan membeli buku-buku tersebut. Bagian terpenting dari genre fiksi adalah memenuhi kebutuhan manusiawi berdasarkan suatu cerita.

Baca Juga: Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

Ada banyak sekali genre yang dapat kita temukan pada novel. Nah, berikut ini akan dibahas secara luas mengenai macam-macam gendre pada novel:

  1. Novel Romantic

Novel jenis ini adalah gendre yang memuat hal-hal yang bersifat romantic. Gendre novel ini cukup digilai para remaja Indonesia. Banyak sekali novel-novel romantic yang menajadi best seller, bahkan hingga di filmkan.  Ini salah satu genre yang paling populer dan banyak diminati orang. Novel romantic ini berisikan sajian cerita hubungan romantis antara dua orang manusia. Genre romantic ini dicirikan ketegangan sensual, hasrat, dan idealisme. Biasanya penulis berupaya untuk mendramatisir kisah dengan memisahkan kedua anak manusia yang sedang jatuh hati tersebut kemudian kedua anak manusia itu dipersatukan kembali diakhir cerita.

  1. Novel Horor

Novel horor memuat kisah berupa hal-hal yang berisi cerita yang mencengkam  dan menakutkan. Setelah membaca novel gendre ini pembaca akan dibuat merasakan ketakutan yang luar biasa. Meski demikian novel horor bisanya tetap punya banyak penggemar sebab selera pembaca pada jenis novel ini.

Genre novel ini mengisi plot cerita yang penuh ketegangan, kecemasan, ketakutan, dan kehawatiran. Biasanya melibatkan tindak kejahatan serius, kutukan, hantu atau kejadian-kejadian spiritual lainnya. Tujuan dari pembuatan cerita horor adalah untuk membuat pembacanya takut. Cerita yang disuguhkan pun penuh ketegangan dengan segala macam hal yang bisa membuat para pembaca merinding. Bisa bercerita tentang kejadian menyeramkan sepertihalnya rumah-rumah berhantu, maupun kejadian supernatural lainnya. Misalnya novel karya Risa Saraswati yang berjudul Danur.

  1. Novel Petualangan

Novel petualangan biasanya membahas cerita  yang berhubungan dengan misi tertentu untuk diselesaikan diendingi dengan cerita yang menggantung sehingga membiarkan pembaca berasumsi sendiri akan ending dari cerita yang sedang mereka baca tersebut. Kadang juga, cerita jenis ini diperjelas dengan lanjutan novel pada series berikutnya. Sehingga, suka-suka penulisnya mau mempertimbangkan keefektifan dari novel tersebut seperti apa.

  1. Novel komedi

Tak bisa diragukan lagi, novel gendre komedi ini akan memunculkan banyak cerita yang lucu sehingga mampu membuat para pembaca terhibur dan tertawa. Novel komedi ini terkadang memuat banyak cerita tetapi unsur yang lebih ditonjolkan adalah komedi di dalam cerita tersebut. Contoh novel comedy seperti novel Radikus Makan Kakus karangan Raditya Dika.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan antara Penerbit Mayor dan Indie

  1. Novel Fiksi

Novel fiksi ini berisikan kisah yang sesungguhnya tidak ada atau tidak terjadi dalam kehidupan nyata. Pada novel jenis ini, novel fiksi dituliskan berdasarkan kekuatan imajinasi yang dimiliki oleh sang penulis.

  1. Novel Nonfiksi

Di dalam novel gendre ini  memuat kisah yang terjadi secara nyata. Kisah pada novel nonfiksi ini merupakan kisah pribadi yang dialami oleh seseorang, baik pengalaman yang langsung dialami penulisnya atau pengalaman yang dialami orang lain dan orang-orang disekelilingnya.

  1. Novel Science Fiction (Fiksi Ilmiah)

Novel Science Fiction adalah novel yang ceritanya dilandasi dengan munculnya teknologi canggih yang kadang kala teknologi tersebut belum banyak terpikir oleh banyak orang. Novvel gendre ini berbeda dengan novel bergenre fiksi biasanya. Jika novel fiksi memerlukan penulisnya untuk melakukan pengembangan pada imajinasi yang lebih tingg. Maka, berbeda dengan science fiction yang menuntut pengetahuan pengarang untuk mencari tahu tentang ilmu pengetahuan, baik umum maupun khusus yang dilakukan dengan cara meneliti atau semacamnya. Untuk itu, cerita gendre ini mengangkat pemahaman ilmu pengetahuan hukum-hukum alam semesta untuk memperkuat daya pikat tulisan jenis ini.

Biasanya, genre tulisan ini menggabungkan kisah yang ada pada masa depan, masa lalu, atau juga dimensi lainnya. Tak hanya berisikan konsep ide-ide ilmiah, gendre ini juga sering membahas konsep dunia berteknologi canggih. Penulis dituntut untuk siap menghabiskan waktu membangun dunia baru yang ia coba ciptakan dalam novel fiksinya. Contohn gendre Science fiction ini seperti novel Supernova episode Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh karya Dewi “Dee” Lestari dan Hujan karya Tere Liye.

  1. Novel fantasi

Novel fantasi merupakan gendre novel yang di dalamnya memuat tentang  daya fantasi, pembaca yang emmbaca novel gendre ini menjadi lebih aktif berpikir keras meski sebenarnya novel ini bercerita kisah yang terjadi di luar nalar. Jenis novel fantasi ini juga begitu banyak digemari oleh pembaca. Sesuai dengan namanya, kisah-kisah pada gendrre ini berisikan rekaan  yang imajinatif, bahkan terkadang setting tempat yang dikisahkanpun biasanya tidak mungkin ada dikehidupan nyata. Contoh novel ini seperti Harry Potter karya J.K. Rowling.

  1. Novel sejarah

Pada gendre ini banyak memunculkan bentuk cerita legenda-legenda yang terjadi pada masa lampau. Sehingga novel gendre ini bisa tergolong menjadi novel fiksi dan nonfiksi karena kejadian di dalamnya sudah pasti terjadi atau tidak. Biasanya penulis atau pengarang novel ini juga menambahkan opininya terhadap sejarah yang sedang ia bicarakan ditulisannya tersebut.

10. Novel Inspiratif

Novel Inspiratif merupakan novel mengisahkan cerita yang dianggap inspiratif dalam kehidupan seseorang, sehingga pelajaran atau hikmah di dalamnya diharapkan akan membawa perubahan moral serta memotivasi kepada para pembaca. Tema yang diangkat pada gendre ini sangat beragam, mulai dari ekonomi, sosial, pendidikan, serba budaya, perjuangan, kekurangan, persahabatan, percintaan, dan lain sebagainya.

11. Novel Thriller

Novel dengan gendre ini memuat tentang literatur, film, dan TV yang mengandung ketegangan, excitement, dan tekanan sebagai elemen utama yang terdapat did almnya. Novel gendre ini menegangkan akan membuat pembacanya tidak bisa beranjak dan akhirnya membaca hingga bagian akhir cerita. Selain ikutan tegang, novel ini juga akan  membuat pembaca penasaran dengan nasib si tokoh. Macam-macam gendre thriller ini bisa seperti konspirasi, militer, politik, medis, dan lain-lain.

12. Chicklit

Chicklit adalah genre novel yang dikhususkan langgung untuk para wanita. Cerita yang diangkat di dalamnya pun bisa berupa seputar permasalaan wanita pada umumnya. Novel  ini bisa dinikmati dan dibaca oleh semua umur, akan tetapi biasanya cerita dari genre novel ini lebih rumit, bahkan terkadang novel mengandung unsur dewasa sehingga remaja awal kan merasa kesulitan dalam memahaminya.

13. Songlit

Songlit adalah gendre yang mengubah sebuah lagu menjadi sebuah bacaan novel. Lirik lagu pada lagu tersebut dijadikan judulnya, sedangkan isi dari lagu tersebut menjadi keseluruhan jalan cerita  yang akan dikembangkan di  dalam novelnya.

KLIK DISINI untuk tahu informasi tentang penerbitan.

Baca Juga: Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

Belum ada Komentar untuk Macam-macam Genre pada Novel

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Macam-macam Genre pada Novel

MENGENAL DRAMA: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, Struktur dan Macam

T 31 October 2020 F A Author

Pengertian Drama: Pernahkah kamu membaca teks drama atau justru memerankannya langsung di atas pentas? Jika kamu sudah melewati masa-masa menjadi anak sekolahan pasti pernah kan dong ya. Mungkin, dari sebelum sekolah saja banyak sekali anak-anak yang sudah tahu tentang drama... Selengkapnya

Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

T 17 October 2020 F , , A Author

Menulis Artikel – Berkembang pesatnya teknologi dibidang internet memberikan wadah tersendiri bagi para penulis, terutama bagi mereka yang senang mengamati sekitar dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Yups, penulis artikel. Menjadi penulis blogger menjadi adalah profesi yang cukup digemari saat... Selengkapnya

Tips Membuat Alur yang Mencengangkan pada Cerita

T 22 October 2020 F , , , , , , A Author

Pada artikel sebelumnya Teknik Pengembangan Alur pada Cerpen sudah dibahas tentang berbagaimana teknik dalam pengaluran cerpen, baik strukturnya, susunan struktur, alur struktur dan lain-lain. Dalam beberapa hal kita juga sudah membahas banyak hal terkait alur. Tentu kamu tidak asing dengan... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.