Beranda » Dunia Menulis » Langkah Mudah Menulis Puisi Cinta

Langkah Mudah Menulis Puisi Cinta

T Diposting oleh pada 28 October 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 46 kali

Puisi Cinta – Rasa cinta merupakan ungkapan kasih sayang kita terhadap seseorang. Biasanya cinta selalu berhubungan dengan romansa. Jadi sudah dpastikan bahwak jenis puisi cinta ini termasuk ke jenis puisi romansa. Kamu bisa melihat materi tentang puisi: Pengertian, ciri-ciri, macam-macam, dan strukturnya dengan cara KLIK DISINI

Puisi adalah salah satu karya sastra cukup digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia banyak sekali yang suka membac atau membuat puisi. Puisi juga merupakan pelajaran yang tak bisa dilepaskan di sekolah, dari SD hingga tingkatan lanjut materi tentnag puisi masih menjadi topik wajib yang harus dibahas.

Isi yang terdapat di dalam sebuah puisi bisa bersumber dari inspirasi atau keresahan si penulis. Puisi juga dapat dijadikan wahana atau media yang sering digunakan penulis untuk menyampaikan pesan yang berupa ungkapan isi hati yang ingin ditujukan kepada seseorang ataupun banyak orang, tak terkecuali puisi cinta.

Baca Juga: 10 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Membaca Novel

Puisi cinta selalu menyimpan sisi puitis sekaligus romantis yang dapat menggugah hati setiap orang, terutama mereka yang sedang jatuh cinta,jelas saja cinta adalah topik yang paling universal dikehidupan seseorang. Tidak ada orang yang tak butuh cinta. Itulah penyebab topik tentang cinta menjadi hal yang tak pernah habis-habis untuk dibahas. Cinta menjadi tema yang paling diperbincangkan dari lisan ke lisan, paling laris dalam lagu, roman, drama, novel, cerita pendek, hingga puisi. Bahkan sejak berabad-abad yang lalu, puisi jenis ini sudah populer banyak sekali tokoh-tokoh dunia terkenal yang mencipta puisi cinta yang indah.

Mungkin kita sudah bosan membahas materi tentang puisi, sebab topik ini terlalu sering dibahas di kehidupan, bukan? Meski begitu, tidak semua orang akan terampil membuat puisi, walaupun sekadar puisi cinta yang merupakan ungkapan perasaannya. Banyak hal ynag harus diperhatikan seseorang dalam menulis sebuah puisi, terutama ‘rasa’ yang merupakan sumbuh keindahan sebuah puisi.

membuat puisi memang terlihat mudah, namun pada kenyataannya banyak yang harus diperhatikan agar puisi yang dibuat bisa menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Lalu, bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar? Yuk kita pelajari sama-sama.

  1. Menentukan Ide

Ide biasanya berasal dari sebuah inspirasi dari hal-hal yang pernah di alami baik kejadian yang dialami secara pribadi, maupun orang lain. Inspirasi ini juga tak uput dari keresahan sang penulis terhadap suatu topik. Contohnya saat kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang, kejadian dan perasaan yang kamu alami bisa diramu ke dalam kata-kata indah berwujud puisi.

  1. Mencari Judul yang Tepat

Puisi ibaratkan kutipan bijak yang bisa membius hingga kerelung hati seseorang yang membacanya dan membuat orang tersebut akan merasakan makna dari kata-kata itu. Untuk itu, dalam menulis puisi yang harus kita lakukan adalah memilih diksi atau kata-kata yang harus disusun seindah mungkin, termasuk pada judul. Judul yang baik adalah judul yang mampu menarik orang untuk membacanya. Jadi, judul tak bisa luput dari perhatian, usahakanlah untuk membuat judul yang tepat dan mampu memikat.

Baca Juga: 8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

  1. Gunakan Perasaan

Jika ingin menulis sebuah puisi cinta, yang perlu kamu lakukan adalah mencoba untuk tenggelam di dalamnya. Membayangkan emosimu tentang kisah cinta, menggunakan perasaanmu untuk mengimajinasikannya lalu tuangkan menggunakan kata-kata. Rasakanlah dan coba untuk menggambarkan keseluruh perasaan yang muncul. Izinkanlah perasaanmu untuk memimpin. Alirkanlah tiap kata yang muncul dari perasaan cinta yang sedang kamu rasakan. Jangan terfokus dengan memikirkan kata-kata yang indah. Tulis saja mengalir, maka kata-kata yang muncul akan terangkai dari tuntunan perasaan yang kamu rasakan.

  1. Pengalaman Kenangan saat Pertama

Jika kamu ingin menulis puisi cinta, cobalah untuk mengingat-ingat kembali bagaimana kenangan atau kesan pertama bertemu sang pujaan hatimu.  Kenangan pertama selalu memiliki kesan yang sangat menarik dan mendalam untuk diperbincangkan. Atau, cobalah kenang hal-hal indah yang sudah pernah kamu lalui dengannya, bahkan mungkin mengenang hal-hal yang membuat kamu jatuh cinta kepadanya untuk pertama kali.

Selain mengenang momen, cobalah untuk mengenang kembali detail suasana yang kamu alami, dan hal-hal lainnya. Setelah proses itu selesai, cobalah untuk menuangkan pikiranmu ke dalam tulisan.  Gambarkanlah melalui kata-kata yang muncul dari perasaan dan pengalaman yang kamu rasakan saat itu. Jangan meninggalkan hal-hal kecil, kerena melalui hal-hal kecil itu yang mungkin kamu anggap remeh itu dapat memberi  keindahan dan cita rasa tersendiri di puisi yang sedang kamu buat.

Baca Juga: Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

  1. Jadilah Diri Sendiri

Jadilah diri sendiri saat menuliskan puisi. Jangan terlalu terpaku dengan perasaan disukai orang atau tidaknya. Jangan terlalu khawatir bahwa puisi yang kamu buat itu  terkesan cengeng atau terlalu romantis. Tuangkanlah sudut pandang yang sedang kamu rasakan ke dalam puisi itu. Buat sesuai perasaan yang teramat dalam yang kamu rasa, yang bahkan perasaan tersebut sulit untuk diungkapkan secara lisan.

  1. Sebarkan Rasa Cinta

Prinsip dari penulisan puisi adalah pengungkapan perasaan melalui kalimat yang berseni. Untuk itu, dalam merangkai puisi cinta, yang perlu dimemiliki adalah keinginan untuk mengungkapkan melalui seni berkata-kata. Melalui puisi, kamu tidak perlu menjadi pakar cinta atau seorang pakar puisi. Sejatinya, siapa pun kita, pastilah memiliki cinta dan berhak untuk mengungkapkannya dengan indah meski hanya berwujud rangkaian kata.

 

Mau tahu informasi tentang penerbitan? Yuk KLIK DISINI untuk info lebih lanjutnya.

CONTOH-CONTOH PUISI CINTA DARI PENYAIR TERKENAL

AKU INGIN – karya Sapardi Djoko Damono

“Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan kata yang tak sempat diucapkan

kayu kepada api yang menjadikannya abu

 

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan isyarat yang tak sempat disampaikan

awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”

 

 

CINTA YANG AGUNG – karya Kahlil Gibran

Adalah ketika kamu menitikkan air mata

dan masih peduli terhadapnya

Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih

menunggunya dengan setia

 

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain

dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku

turut berbahagia untukmu

 

Apabila cinta tidak berhasil

Bebaskan dirimu

Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya

dan terbang ke alam bebas lagi

Ingatla bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan

kehilangannya

 

Tapi..ketika cinta itu mati

kamu tidak perlu mati bersamanya

 

Orang terkuat bukan mereka yang selalu

Menang melainkan mereka yang tetap tegar ketika

mereka jatuh

 

NOTA BENE : AKU KANGEN – karya W.S. Rendra

Lunglai – ganas karena bahagia dan sedih,

indah dan gigih cinta kita di dunia yang fana.

Nyawamu dan nyawaku dijodohkan langit,

dan anak kita akan lahir di cakrawala.

 

Ada pun mata kita akan terus bertatapan hingga berabad-abad lamanya.

Juwitaku yang cakap meskipun tanpa dandanan

untukmu hidupku terbuka.

Warna-warna kehidupan berpendar-pendar menakjubkan

Isyarat-isyarat getaran ajaib menggerakkan penaku.

Tanpa sekejap pun luput dari kenangan padamu

aku bergerak menulis pamplet, mempertahankan kehidupan.

Belum ada Komentar untuk Langkah Mudah Menulis Puisi Cinta

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Langkah Mudah Menulis Puisi Cinta

Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah

T 28 October 2020 F , , , A Author

Karya tulis ilmiah atau biasa dikenal juga dengan akronim KTI bukanlah pekerjaan yang asing bagi kalangan masyarakat terpelajar. Baik itu para guru, siswa, dosen, mahasiswa,dan kalangan terpelajar lainnya. Tekhusus mahasiswa sendiri, karya ilmiah adalah hal wajib yang harus dikuasai baik... Selengkapnya

Pengertian Menulis

Pengertian Menulis

T 24 May 2016 F A admin

Salam berkarya. Apa kabar kamu? Iya kamu? Sudah menulis hari ini? Apapun itu. Sms, whatssapp, line, bbm, status, atau mungkin sebuah cerita di awal pagi ini sudah kamu tuliskan. Apapun itu selamat buat kamu yang sudah berhasil untuk menulis pada... Selengkapnya

Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

T 17 October 2020 F , , A Author

Menulis Artikel – Berkembang pesatnya teknologi dibidang internet memberikan wadah tersendiri bagi para penulis, terutama bagi mereka yang senang mengamati sekitar dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Yups, penulis artikel. Menjadi penulis blogger menjadi adalah profesi yang cukup digemari saat... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.