Beranda » Dunia Menulis » KARYA TULIS ILMIAH: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Fungsi, Macam-macam

KARYA TULIS ILMIAH: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Fungsi, Macam-macam

T Diposting oleh pada 20 October 2020
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 34 kali

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah bukanlah hal yang awam bagi mahasiswa ataupun pelajar, sebab sering sekali mendapatkan tugas untuk membuat karya tulis jenis ini. Bahkan, karya tulis ilmiah bisa dikatakan kaitannya dengan proses studi sangat erat terikat. Pelajar dan Mahasiswa dituntut untuk bisa membuat dan menyusun karya tulis ilmiah baik sebagai tugas harian atau tugas akhir. Layaknya mahasiswa, karya tulis ilmiah adalah tugas akhir yang wajib sebagai syarat untuk mencapai gelar sarjana berupa skripsi, tesis, atau disertasi.

Karya tulis ilmiah memiliki kaidah-kaidah tertentu sehingga tidak dapat ditulis sembarangan, pembahasan yang dijabarkanpun harus berdasarkan hal yang nyata melalui proses penelitian. Karya tulis ilmiah tidak seperti karangan sastra seperti cerpen, novel, puisi, dan lain-lain yang bisa menggunakan pola pemikiran yang bebas dan bisa dituliskan berdasarkan imajinasi karena hasil yang didapatkan oleh karya tulis ilmiah keasliannya dan kelogisannya harus dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, karya tulis lmiah ini bisa dikatakan susah-susah gampang dalam menuliskannya.

Baca Juga: 5 Hal Penting Dalam Menulis Berdasarkan Kisah Pribadi

Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut tentang karya tulis ilmiah, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu karya tulis ilmiah, bentuk, karakteristik, macam-macam, fungsi, untuk membantu mengarahkan tulisanmu terhadap kaidah-kaidah karya tulis ilmiah secara lebih umum.

Menurut Sudjiman dan Sugono (1991) karya tulis ilmiah adalah karya tulis dengan penyusunan berdasarkan kajian ilmiah. Sedangkan Suriasumantri (1995) berpendapat dalam Finoza (2010), bahwa karya tulis ilmiah adalah tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan serta dikomunikasikan lewat bahasa tulisan yang baku dengan sistematis-metodis dan sintesis analitis.

Menurut dua pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa tulisan ilmiah atau karya tulis ilmiah ini adalah karya seorang ilmuwan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, kumpulan pengalaman, dan pengetahuan orang lain sebelumnya.  Karya ilmiah berisikan karangan yang memaparkan hasil pengamatan, pendapat, tinjauan yang terdapat dalam suatu penelitian dibidang tertentu dan disusun menggunakan metode tertentu. Sistematika penulisan runtut dan mengandung kebenaran dengan bahasa yang santun, dan isi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Intip dunia penerbitan dengan cara KLIK DISINI. 

Tujuan Karya Tulis Ilmiah

  • Menjadi transformasi pengetahuan di sekolah maupun institusi perguruan tinggi pada masyarakat atau peminatnya.
  • Melatih keterampilan dasar seorang peneliti untuk melakukan suatupenelitian secara benar dan teratur sesuai dengan kaidahnya.
  • Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah pada seorang mahasiswa untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah ke dalam bentuk karya ilmiah setelah memperoleh pengetahuan dari keilmuan dari kampus tempat ia belajar.
  • Sebagai wadah atau wahana dalam melatih pengungkapan pikiran maupun hasil dari suatu penelitiannya ke dalam bentuk karya tulis yang sistematis dan mengandung kebenaran.

Baca Juga: Drafting – Proses Menulis Buku dengan Bebas

Fungsi Karya Tulis Ilmiah

Secara umum, terdapat tiga fungsi karya tulis ilmiah, yaitu:

  1. Fungsi Menulis KTI Bagi Pendidikan

Karya ilmiah dapat memberi pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi penulisnya baik itu mahasiswa, pelajar, dan lain-lain. Dengan menulis karya ilmiah ini penulis akan berpikir, menulis, dan berusaha mempertanggungjawabkan hasil dari penelitian yang ia tuliskan di dalam karya tulis ilmiah yang ia buat.

  1. Fungsi Menulis KTI Bagi Penelitian

Karya tulis ilmiah yang ditulis peneliti berfungsi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan berguna juga bagi peneliti dalam memperaktekan prosedur ilmiahnya yang ia kuasaia.

  1. Fungsi Menulis KTI Secara Fungsional

Karya tulis ilmiah berguna sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, sebagai bahan pustaka, dan kepentingan disiplin ilmu tertentu.

 

Manfaat Karya Tulis Ilmiah

  • Melatih pengembangkan keterampilan dalam proses membaca yang efektif
  • Meningkatkan perorganisasian fakta dan data secara sistematis
  • Mengenalkan dengan kagiatan kepustakaan
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan
  • Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk peneliti selanjutnya
  • Memperoleh kepuasaan intelektual
  • Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber

 

Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

  1. Logis: Setiap tulisan yang berbentuk karya ilmiah bisa di terima oleh akal sehat, yang artinya dapat dibuktikan kebenarannya.
  2. Objektif: Isi pada karya tulis ilmiah ini benar dan sesuai fakta tanpa ada rekayasa sedikitpun.
  3. Data yang jelas: Data yang dijadikan bahan penelitian di dalam penelitian karya tulis ilmian adalah data yang sesuai dengan fakta yang ada disekitar.
  4. Sistematis: Penulisan maupun penyajiannya disajikan secara terstruktur dan teratur sesuai prosedur penulisan karya ilmiah yang berlaku yang berlaku.
  5. Pembahasan menyeluruh: Pembahasan tentang permasalahan dan cara memecahkannya dibahas secara tuntas, sehingga mampu membuat pembaca memahami maksud dari karya tulis ilmiah yang tertulis secara jelas.
  6. Berdasarkan kebenaran: Masalah dan pemecahan yang dibahas di dalam karya tulis ilmiah dapat diuji kebenarannya dengan dilakukan percobaan sehingga kebenarannya yang didapatkan bisa dibuktikan.
  7. Bahasa yang digunakan baku: Kata-kata dan kaliamt yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini ialah bahasa yang baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Bahasa indonesia tanpa ada unsur bahasa yang klise ataupun bermajas.

 

Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah

Setiap jenis karya tulis yang dikelompokkan dalam karya tulis ilmiah memiliki tujuan yang khusus dan format yang berbeda-beda. Untuk itu, hal tersebut akan dipaparkan berikut ini:

  1. Laporan Hasil Penelitian

Laporan penelitian adalah karya ilmiah berupa hasil penelitian, pengamatan, percobaan, atau wawancara. Laporan penelitian ini dibuat setelah seseorang melakukan kegiatan penelitian sebagai bentuk pelaporan hasil dari penelitian yang ia lakukan. Jenis laporan penelitian misalnya laporan penelitian hasil eksperimen, laporan penelitian kunjungan, ataupun laporan penelitian pada tugas tertentu.

Format laporan penelitian yang sering digunakan seperti berikut:

Judul

Kata Pengantar

Daftar Isi

Abstrak

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Rumusan Masalah

Tujuan Penelitian

Manfaat Penelitian

BAB II: Tinjauan Pustaka

Dasar Teori

Kerangka Pemikiran

Hipotesis

BAB III Metodologi Penelitian

Metode Penelitian

Populasi dan Sampel

Teknik Pengumpulan Data

Teknik Analisis Data

BAB IV Pembahasan

Hasil Penelitian

Analisis Data

Pembahasan

BAB V Penutup

Kesimpulan

Saran

Rekomendasi

Daftar Pustaka

Lampiran

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa harus Jadi Penulis

  1. Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang berisikan masalah dan penyelesaian berdasarkan berbagai macam data yang ditemukan di lapangan. Makalah biasanya membahas topik tertentu dengan data yang bersifat empiris dan objektif dengan menyajikan bentuk laporan tertulis yang kemudian dipresentasikan pada khalayak.

Struktur dalam penulisan makalah adalah sebagai berikut:

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Tujuan

BAB II: Pembahasan

BAB III: Penutup

Kesimpulan

Saran

Daftar Pustaka

 

  1. Artikel

Artikel dikatagorikan sebagai karya tulis ilmiah dapat dibedakan dalam konteks sudut pandang ilmiah dan jurnalistik. Pada konteks sudut pandang ilmiah, artikel dikatakan sebagai karya tulis yang dibuat untuk jurnal. Sedangkan pada konteks jurnalistik menyatakan bahwa artikel mengandung pendapat subjektif penulis terhadap suatu masalah atau peristiwa.

Struktur penulisan artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

Judul

Identitas Penulis

Abstrak

Pendahuluan

Metode

Hasil

Pembahasan

Simpulan

Daftar Pustaka

 

  1. Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana strata satu (S1). Di dalam skripsi dibahas tentang pendapat penulis tetapi diperkuat oleh teori yang sudah ada sebelumnya. Metode yang digunakan di dalamnyapun menggunakan metode yang ilmiah.

 

  1. Tesis

Tesis merupakan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seorang mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar Master atau Magister strata dua (S2). Tesis ditulis  diutamakan untuk menemukan hal baru.

 

  1. Disertasi

Disertasi adalah karya ilmiah yang dibuat seoranag mahasiswa sebagai syarat mendapatkan gelar Doktor strata tiga (S3). Tingkat kesulitan pembuatan karya tulis ilmiah ini paling tinggi dibandingkan karya tulis lainnya karena mengutamakan keorisinalitasan dan harus menemukan hal baru.

Belum ada Komentar untuk KARYA TULIS ILMIAH: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Fungsi, Macam-macam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait KARYA TULIS ILMIAH: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Fungsi, Macam-macam

Teknik Pengembangan Alur pada Cerpen

T 22 October 2020 F , , A Author

Cerita Pendek – Kamu yang gemar menulis, tentu tidak asing dengan jenis tulisan ini. Jangankan si gemar menulis, mereka yang tidak pernah menulis fiksipun pasti juga tahu tentang CERITA PENDEK atau yang popular dengan akronim CERPEN ini. Sebab, cerpen masuk... Selengkapnya

Bagaimana Cara Menemukan Potensi Menulis Bagi Penulis Pemula

T 17 May 2016 F A admin

Setiap penulis memiliki potensi masing-masing. Baik itu penulis senior atau penulis pemula. Namun, terkadang hadir penyakit yang menjangkiti penulis pemula. Mereka belum menemukan potensi dirinya sedang mereka sendiri enggan menemukan potensi dirinya. Padahal, kalau sudah didapatkan, maka potensi itu akan... Selengkapnya

Keunggulan dan Kekurangan antara Penerbit Mayor dan Indie

T 23 October 2020 F , , , , , , , , A Author

Antara Indie dan Mayor – Pernahkah kamu mendengar orang-orang menyeburkan antara penerbit mayor dan indie? Apalagi seseorang yang memang suka menulis dan bermimpi untuk menerbitkan buku. Pasti orang-orang seperti ini sibuk membicarakan antara mayor dan indie. Nah, jika kalian masih... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.