Beranda » Cerpen » Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

T Diposting oleh pada 23 October 2020
F Kategori , , , , , , ,
b 1 komentar
@ Dilihat 450 kali

Tentang Penerbitan – Secara umum, penerbitan atau juga dikenal dengan istilah publishing kerap merujuk pada suatu produksi dan distribusi buku dalam bentuk cetak. Adapun individu yang berkecimpung menjadi pemimpin organsasi atau perusahaan penerbitan tersebut sering kali dikenal dengan nama penerbit. Adapun Kamus Besar Bahasa Indonesia menuliskan bahwa penerbitan merupakan proses, cara, atau perbuatan menerbitkan.

Di dalam proses penerbitan memerlukan proses yang panjang. Kegiatan ini melibatkan banyak waktu dan tenaga. Proses dalam ilmu penerbitan ini tidak berdiri sendiri, sebab juga memerlukan  keahlian intelektual dan profesional untuk menyiapkan, menyunting, dan menghasilkan berbagai bentuk publikasi.

Seiring perkembangan teknologi, lingkup penerbitan menjadi semakin luas melalui teknologi komunikasi dan informasi seperti internet. Penerbitan dan prosesnya tidak hanya mencakup penerbitan secara tercetak tetapi juga berkembang dalam bentuk elektronik. Hal tersebut juga membuat buku berbentuk (ebook) mudah ditemui, begitu pula artikel pada surat kabar dan  majalah yang juga sering ditemui melalui portal berita, blog, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Membuat Alur yang Mencengangkan pada Cerita

Jenis Penerbitan

  1. Penerbitan Buku

Buku dikenal dengan awal dimulainya sejarah media modern. Setiap sisi pada sebuah lembaran kertas di dalam sebuah buku disebut dengan halaman. Umumnya, setiap buku yang didistribusikan didaftarkan dan didokumentasikan menggunakan International Standard Book Number (ISBN).

Dapat disimpulkan bahwa, penerbitan buku merupakan sebuah penerbitan yang mempublikasikan informasi berbentuk cetakan buku lengkap dengan gambar. Penerbitan buku dibagi menjadi dua jenis, yakni penerbitan buku umum dan penerbitan buku direktori.

  • Penerbit Buku Umum

Penerbitan buku umum merupakan jenis penerbitan buku yang mengemban hal-hal umum di dalam tema yang akan diterbitkannya seperti agama dan filsafat, buku anak dan remaja, buku bahasa, sastra dan novel, sosial politik, pariwisata dan peta dan lain-lain.

  • Penerbitan Buku Direktori

Penerbitan direktori ini akan memproduksi berbagai jenis direktori seperti buku telepon atau milis. Seperti buku pada umumnya, penerbit buku direktori kini lebih aktif dalam media terbitan secara daring.

Beriringan akan sejarah perkembangan teknologi, kini buku sering kita temui dalam bentuk elektronik yang dikenal dengan electronic book (ebook). Dalam penggunaannya, e-book seseorang biasanya lebih mengandalkan perangkat atau media komunikasi modern seperti gawai, komputer meja, komputer tablet, laptop, dan lain-lain.

Baca Juga: Teknik Pengembangan Alur pada Cerpen

  1. Penerbitan Berkala

Penerbitan berkala juga sering disebut juga publikasi berkala merupakan salah satu kategori publikasi berseri yang terbit berdasarkan jadwal tertentu. Biasanya, dalam suatu terbitan berkala ini ditandai dengan nomor atau angka yang menunjukkan volume dan isu-isu terbitan berkala.

Volume yang digunakan pada penerbitan berkala, biasanya mengacu pada tahun beredarnya publikasi sebuah buku tersebut, sedangkan isu yang terdapat di dalamnya berhubungan dengan berapa kali media yang bersangkutan menerbitkan sebuah buku selama tahun itu. Jika penerbitan buku memiliki Internation Serial Book Number (ISBN) pada pendaftaran dan pendokumentasian penerbitan berkala ini menggunakan International Standard Serial Number (ISSN).

  • Surat Kabar

Media masa yang cukup terkenal dan mendominasi saat ini yaitu surat kabar. Berdasarkan pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat kabar atau koran adalah lembaran-lembaran kertas bertuliskan berita dan sebagainya. Berdasarkan perkembangan teknologi komunikasi dalam jurnalistik modern, koran surat kabar pun sekarang sering kita temukan dalam bentuk daring.

Akan tetapi, jurnalistik online dapat memberikan dampak tersendiri bagi industri surat kabar tradisional. Era global ini, hampir setiap orang lebih sering beralih menggunakan internet untuk menerima atau membaca berita secara daring. Hal tersebut tentu akan membuat usaha penerbitan tradisional berjuang dalam mempertahankan diri untuk dapat berkompetisi mendapatkan pembaca setianya. Contoh surat kabar yang cukup populer di Indonesia seperti Pikiran Rakyat, Kompas, dan Media Indonesia.

  • Majalah

Majalah merupakan terbitan berkala yang berisikan berbagai liputan dengan sudut pandang dan topik yang dapat dipercaya. Berdasarkan waktu penerbitannya majalah dibedakan atas majalah bulanan, mingguan, bulanan, dan sebagainya. Selain itu, menurut pengkhususan isinya majalah juga dibedakan atas beberapa bentuk diantanya majalah berita, majalah remaja, majalah olahraga, majalah wanita, majalah sastra, ilmu pengetahuan tertentu, dan sebagainya. Tidak jauh beda dengan surat kabar, majalah juga sudah muda kita temui secara daring. Tidak berbeda dengan surat kabar, majalah juga kini disajikan secara daring. Contoh majalah adalah Kartini, Gadis, Bobo, dan sebagainya.

  • Tabloid

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan tabloid sebagai surat kabar ukuran kecil (setengah dari ukuran surat kabar biasa) yang banyak memuat berita secara singkat, padat, dan bergambar, mudah dibaca umum. Tabloid juga disebut sebagai tulisan dalam bentuk ringkas dan padat berisikan kritik, paparan, dan sebagainya. Ada juga yang menyebutkan bahwa tabloid juga merupakan surat kabar sensasi atau surat kabar kuning. Contoh tabloid adalah Nova, Bintang, Bola, dan sebagainya.

  • Buletin

Buletin berisikan warta singkat atau pernyataan tertulis diterbitkan secara periodik oleh suatu organisasi atau lembaga kelompok profesi tertentu. Buletin juga diartikan sebagai siaran kilat resmi yang berisikan tentang perkembangan maupun hasil-hasil penyelidikan. Contoh buletin seperti buletin Piala Dunia, buletin ramalan cuaca, dan masih banyak lagi.

  • Jurnal akademik

Jurnal akademik atau jurnal ilmiah berupa publikasi berkala yang berisikan hasil-hasil penelitian dari bidang akademik tertentu dan diterbitkan. Fungsi jurnal akademik ini adalah sebagai wadah atau forum dalam mempresentasikan, mengawasi, dan mendiskusikan penelitian. Biasanya, jurnal akademik ini lebih ditinjau oleh rekan sejawat. Lembaga atau organisasi yang bertugas menerbitkan jurnal akademik ini diantaranya adalah instansi universitas, lembaga ilmiah, lembaga pemerintah,  atau usaha komersial yang terfokus dibidang akademik tertentu.

  1. Vanity Publisher

Vanity publisher memiliki sistem dan bentuk yang hampir mirip dengan penerbit indie. Perbedaan antara penerbit ini dan penerbit indie hanya terletak pada fasilitas. Penerbit indie biasanya menyerahkan segala urusan seperti layout, cover buku, dan editing kepada penulisnya langsung tugas penerbit hanya menerbitkan. Sedangkan vanity publisher memberikan fasilitas dan paket penerbitan tertentu yang dapat dipilih langsung oleh penulis.

Vanity publishing terkesan seperti badan penerbit konvensional. Akan tetapi, menggunakan jasa penerbitan ini juga akan dikenakan biaya penerbitan buku pad asebuah buku yang akan diterbitkan, seperti: penggunaan nama penerbit hingga ISBN, perwajahan isi dan cover, serta pencetakan buku. Kontrol terhadap buku sepenuhnya ada pada mereka.

Baca Juga: 5 Langkah Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

Nah, itulah informasi seputar penerbitan yang harus kamu ketahui. Jika kamu memiliki naskah yang siap diterbitkan dan berniat untuk menerbitkan naskah tersebut, tetapi bingung memilih penerbitan yang tepat. Tidak perlu khawatir, Penerbit Elmarkazi memiliki menawarkan paket penerbitan yang handal, berkualitas, dan terpercaya, tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

Penerbit Elmarkazi adalah salah satu penerbit indie yang termasuk ke dalam anggota penerbit IKAPI yang sudah menerbitkan puluhan buku-buku berkualitas. Selain menyediakan layanan paket penerbitan, Penerbit Elmarkazi juga menyediakan paket layanan jasa yang juga akan menyesal jika kamu melewatkannya.

KLIK DI SINI untuk melihat paket penerbitan dan jasa Penerbit Elmarkazi.

 

1 Komentar untuk Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

Penyajian Tokoh dan Penokohan yang Menarik Bagi Pembaca

T 14 October 2020 F , , , A Author

Tokoh dan Penokohan dalam Tulisan Prosa Fiksi Di dalam tulisan fiksi, terutama yang berbentuk prosa, tokoh  dan penokohan merupakan bagian yang paling mutlak dijadikan bahan pembicaraan. Walaupun pada suatu karangan fiksi baik itu fiksi mini, cerpen, novelet atau bahkan novel,... Selengkapnya

Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

T 26 October 2020 F , , A Author

Artikel Berkualitas – Kualitas dan tingkat kepuasan merupakan keinginan dasar bagi setiap orang yang memakai suatu jasa tertentu. Sebab, setiap orang pasti menginginkan sesuatu yang memang baik dan tepat, termasuk seorang pembaca yang sedang mencari informasi tertentu. Secara umum dapat... Selengkapnya

4 Langkah Mudah Mengedit Naskah Sendiri

T 12 October 2020 F , A admin

Cara Penyuntingan Naskah – Setelah naskah selesai ditulis, langkah yang harus kamu lakukan pada naskahmu adalah proses penyuntingan atau editing. Proses ini tak kalah pentingnya, dengan dilakukan proses editing sebuah naskah akan diolah menjadi tulisan yang lebih matang lagi, lebih... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.