Beranda » Dunia Menulis » Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

T Diposting oleh pada 24 October 2020
F Kategori , , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 44 kali

“BUKU ADALAH JENDELA DUNIA” – Sedari kecil kita sudah akrab dengan benda mati yang memberikan nyawa pada otak ini.  Keberadaan buku sungguh tidak diragukan lagi di tengah masyarakat. Buku berisikam pengetahuan-pengetahuan luas yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pembaca. Informasi yang dimuat di dalamnya pun beragam, memuat banyak hal.

Mungkin saja, sebagaian orang beranggapan jika membaca itu merupakan kegiatan para kutu buku. Namun, yang perlu kamu ketahui adalah aktivitas membaca inilah sangatlah bermanfaat untu kita karena dengan membaca kamu memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Membaca tak hanya berhubungan dengan buku-buku pelajaran, tetapi bisa melalui cerita fiksi, koran, majalah dan lain-lai karena sejatinya ilmu bisa didapatkan dari mana saja.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan antara Penerbit Mayor dan Indie

Sebagian orang beranggapan kegiatan membaca buku adalah kegiatan yang menyenangkan sekadar melepas lelah usai bekerja ataupun belajar apalagi yang dibaca adalah sebuah novel. Membaca novel bisa dijadikan bagian dari relaksasi atau sarana refreshing. Ketika kita berhasil menemukan novel yang menarik, kita tidak akan bosan membacanya. Maka setebal apapun halaman novel yang kita pilih, kita akan berupaya untuk menyelesaikan bacaan dengan cepat sebab penasaran dengan alur cerita dan bagaimana ceritanya berakhir. Novel memang bisa dijadikan hiburan paling efektif dalam menyegarkan pikiran. Selain itu, novel dapat dibaca oleh umum serta mudah dipahami. Ya, walaupun juga sering kita temui novel yang berat, tetapi ketika kita telah tenggelam membaca dan memahaminya, maka tersebut terasa ringan dan menyenangkan.

Namun, yang menjadi hambatannya adalah bingung hendak memilih novel yang pas untuk dibaca. Bahkan sebagian orang relah berjam-jam menghabiskan waktu di tokoh buku untuk memilah novel yang hendak dibeli. Nah, buat kamu yang ngalamin hal seperti itu, berikut akan dipaparkan bagaimana cara yang tepat untuk memilih novel yang menarik:

  1. Cover Buku

Sebuah cover akan menjadi semakin menarik dengan gambar atau desain yang dapat mewakili isi cerita. Selain itu, dengan hadirkannya misteri pada cover mampu mengundang penasaran para pembaca dan tertarik untuk memboyong buku tersebut pulang ke rumah. Selain desain yang dapat mewakili keseluruhan isi atau tema di dalam cerita, di dalam cover sebuah buku  juga terdapat judul. Judul tersebut sangat berpengaruh bagi pembaca dalam memutuskan membeli atau tidaknya sebuah novel. Ketika terbaca judul yang menarik dan mampu mengundang penasaran, maka kita akan tertarik untuk memboyong novel tersebut pulang ke rumah. Yah, meski terkadang ada juga judul yang menipu, tak sesuai dengan isi dan hanya mengutamakan sisi kerennya saja.

Baca Juga: Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

  1. Sinopsis Cerita

Ini adalah  hal kedua yang sangat penting diperhatikan saat memilih Sebuah novel. Sinopsis ini juga sering disebut blurb yang juga diartikan sebagai bagian buku yang berisi cuplikan singkat tentang apa yang akan dibahas di dalam novel. Bagian ini mencoba untuk mempertimbangkan bentuk kata dan pemaknaannya yang bertujuan agar mampu mempengaruhi pembeli.

ini diibaratnya tulang dari sebuah novel kerangka yang memuat isi secara umum. Bukankan fungsi tulang adalah sebagai alat gerak? Yups, tulang-tulang yang disebut sinopsis tersebut yang menggerakan cerita di dalam sebuah novel meskipun terkadang sinopsis sering dibuat menggantung oleh pembacanya.

  1. Cari tahu siapa penulisnya

Mengenali penulis novel yang akan kita beli memang merupakan hal yang penting karena jika penulisnya sudah terkenal dan memang sudah memiliki banyak karya novel yang menarik maka bisa dipastikan kita tidak akan menyesal untuk membeli novel tersebut. Novel yang menark menurut pandangan kita tersebut bisa dijadikan pilihan yang tepat sebab penulisnya yang tidak diragukan lagi kepiawaiannya berdasarkan pengalam-pengalam keberhasilan di novel-novel sebelumnya.

Perlu kamu ketahui, setiap penulis mempunyai cara yang berbeda dalam menyuguhkan isi yang ingin ia sampaikan. Untuk kamu yang emmang suka sekali membaca buku-buku novel, tentu sudha memiliki penulis favorit yang dapat kamu jadikan kiblat pada tulisanmu, bukan?

Novel yang menarik terkadang memang dapat ditinjau oleh siapa yang menulis novel tersebut. Para penulis yang kompeten dan berpengalaman adalah pilihan yang tepat dan tak dapat diraguan lagi kemahiran menulis mereka baik ditinjau dari keseluruhan cerita maupun bahasa yang dimainkan di dalam novelnya. Penulis-penulis ini sudah menguasai seluk beluk dan target yang ingin ia capai dalam memuaskan pembacanya. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi penghalang kamu untuk mencoba memilih novel-novel dari penulis baru yang belum cukup dikenali jika judul dan sinopsisnya sudah membuat kamu jatuh cinta dengan novel tersebut.

  1. Penerbitan yang Menebitkan Novel Tersebut

Penerbitan Indie ataupun Mayor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga dalam hal ini pembaca juga harus dibekali dengan pengetahuan mengenai penerbitan yang bagus untuk memilih sebuah novel yang akan dibeli. Hal ini penting sebab dengan cara mengamati, melihat, atau mengetahui penerbit yang menerbitkan sebuah novel. Sebab terkadang sebuah penerbitan dapat menentukan kualitas pada sebuah novel, apakah novel tersebut menarik atau tidak karena sudah menjalani proses yang panjang. Bahkan ada juga penerbitan yang seenaknya menerbitkan buku dengan kualitas rendah, sehingga yang terjadi bisa jadi hurufnya sulit terbaca dan lain-lain.

Penerbit besar biasanya akan berupaya menerbitkan naskah-naskah terpilih dan sudah dilakukan proses penyaringan yang panjang atau diseleksi dengan rumit termasuk dari segi isinya. Hanya naskah-naskah terbaik saja yang dipilih untuk diterbitkan. Hal itu merupakan peran yang sangat penting terhadap kualitas novel yang akan mereka terbitkan.

Jumlah halaman pada sebuah novel biasanya berukuran setebal 150 halaman dalam bentuk naskah yang sudah dicetak dan siap dipasarkan. Bisa diperkirakan jika seorang penulis mengirim naskah setebal 150 halaman, maka yang akan didapatkan dari hasil tersebut yaitu berkisar 200 sampai 300 halaman.

Penulis baru yang biasa juga disebut sebagai penulis pemula biasanya akan menulis dengan jumlah halaman dengan jumlah sedikit sehingga cerita yang kita dapatkan di dalam novel tersebut akan terasa kurang memuaskan.

  1. Mencari tahu resensi atau reviewnya di google

Dalam menimbang untuk membeli sebuah buku, jangan terpengaruh dengan tulisan best seller yang ada di sampulnya. Embel-embel best seller yang kamu lihat tersebut tidak menjamin isi novel tersebut berkualitas. Terkadang, tulisan Best seller hanya disematkan agar novel tersebut bisa mencapai penjualan yang fantastis. Untuk itu, mencari tahu terlebih dahulu review dan resensinya di internet sebelum membeli novel perlulah dilakukan. Lihat juga taring pada novel tersebut, jika novel yang ingin kamu beli memiliki bintang yang tinggi, maka anda tidak perlu berpikir panjang lagi.

Menentukan sebuah novel menarik atau tidaknya sebelum membaca keseluruhan cerita jangan hanya mengikuti trand novel yang sedang populer, akan tetapi kesesuain gendre yang kamu suka juga perlu dipertimbangkan. Bijaklah sebelum rugi!

Baca Juga: Tips Membuat Alur yang Mencengangkan pada Cerita

Cek penawaran terbaik PENERBIT ELMARKAZI, penerbit indie terpercaya, berkualitas, dan terjangkau dengan cara KLIK DISINI.

Belum ada Komentar untuk Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

Jenis-jenis Penerbitan yang Populer di Indonesia

T 23 October 2020 F , , , , , , , A Author

Tentang Penerbitan – Secara umum, penerbitan atau juga dikenal dengan istilah publishing kerap merujuk pada suatu produksi dan distribusi buku dalam bentuk cetak. Adapun individu yang berkecimpung menjadi pemimpin organsasi atau perusahaan penerbitan tersebut sering kali dikenal dengan nama penerbit.... Selengkapnya

8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

T 27 October 2020 F , , , A Author

Profesi Penulis – Penulis adalah profesi yang sedang naik daun saat ini. Faktor yang mendukung dan menyebabkan seseorang tertarik pada bidang profesi ini banyak sekali.  Terutama perkembangan teknologi informasi di era modern ini. Tidak mudah lagi untuk menjadi seorang penulis.... Selengkapnya

Cara cek Keaslian Nomor ISBN Buku

T 25 April 2017 F A admin

ISBN adalah singkatan dari International Serial Book Number. Merupakan unsur penting dalam sebuah buku, juga sebagai identitas unik dari buku tersebut. Dan itu juga yang melindungi karya seorang penulis dari kejahatan PLAGIAT. ISBN hanya di keluarkan oleh intensi pemerintah yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.