Beranda » Dunia Menulis » Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Manfaat dan Jenis, Struktur, Dimensi

Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Manfaat dan Jenis, Struktur, Dimensi

T Diposting oleh pada 26 October 2020
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 44 kali

Pengertian Artikel

Artikel bukanlah sesuatu yang awam didengar, bahkan dikeseharian pun kita sering bertemu dengan artikel baik di media online ataupun koran dan majalah. Menurut pengertiannya secara umum, artikel merupakan karya tulis dengan ukuran panjang tertentu yang memuat tentang pernyataan yang bersifat fakta. Tak hanya bersifat faktual, di dalam artikel juga berisikan pendapat atau ide seseorang terhadap suatu masalah tertentu.

Tujuan pada sebuah artikel yaitu untuk mendidik, memberitahu, mempengaruhi,  meyakinkan, atau bahkan juga dapat menghibur pembaca dengan cara publikasikan ke suatu media di surat kabar, majalah, media sosial, website, buletin dan lain-lain. Begitu juga tulisan yang ada di internet, baik berupa blog ataupun website yang merupakan bentuk dari artikel. Akan tetapi, tidak semua tulisan yang terdapat dalam media pemberitaan adalah artikel.

Artikel ditulis oleh seorang individu yang akan mengarang sebuah tulisan berdasarkan fakta sekitar, menggabungkan kata-kata hingga membantuk kalimat yang menarik untuk dibaca sehingga pembaca dapat mengetahui dan merasakan hal-hal yang baru atau yang sebelumnya belum pembaca ketahui sebelumnya.  Gaya bahasa yang digunakan di dalam sebuah artikel memiliki ciri yang resmi dengan menggunakan penggunaan kata yang baku. Hal ini dimaksudkan agar isi artikel dapat dipahami berbagai kalangan dengan mudah sesuai dengan tujuan dibuatnya sebuah artikel yaitu untuk memberikan informasi, menambah wawasan,  mengedukasi, dan juga menghibur.

Baca juga: Macam-macam Gendre pada Novel

Ciri-ciri Artikel

  1. Isi tulisan yang di dalam artikel didasarkan oleh fakta, bukan khayalan, mitos yang belum terjamin kebenarannya.
  2. Isi yang ada di dalam artikel tidak hanya berupa fakta, juga memuat opini dan analisa berdasarkan pemikiran-pemikiran sang penulis penulis. Namun, pemikiran yang disuguhkan dalam tulisannya tersebut dikuatkan atau didasari pada data-data yang valid berupa hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, teori yang memperkuat, maupun kebenaran lain yang ditulis ke dalam artikel.
  3. Bersifat informatif dan faktual. Informasi yang terdapat di dalam sebuah artikel didasarkan pada hasil penelitian yang dapat dibenarkan. Mengungkapkan informasi yang didasarkan oleh penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Ragam bahasa yang digunakan di dalam artikel pun adalah ragam bahasa yang resmi dan baku. Hal ini bertujuan bahasa resmi memiliki unsur yang lugas, denotatif, logis, dan efektif sehingga artikel yang ditulis akan terasa padat dan berisi.
  5. Metode penulisan di dalam artikel bersifat sistematis agar semua informasi yang terdapat di dalam artikel yang ditulis dapat diterima oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.
  6. Pada umumnya, artikel dibuat dengan kasan yang ringkas, jelas, padat, dan tuntas.

 

Tujuan Dibuat Artikel

Pada dasarnya, artikel dibuat dengan tujuan tersendiri. Artikel dibuat bukan semata memiliki maksud utama untuk pemenuhan tugas sekolah ataupun kampus, tetapi juga lebih mengarah pada hasil yang ingin dicapai oleh penulisnya. Di dalam artikel ini, memiliki dua tujuan utama, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai tempat untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan menguraikan sesuatu berdasarkan pokok pembahasan masalah yang sudah ditentukan.
  2. Sebagai tempat untuk mendeskripsikan suatu batasan kajian. Hal ini sangat berkaitan erat dengan jenis dan tujuan utama pada artikel ilmiah

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

Manfaat Artikel

Manfaat penulisan artikel adalah  sebagai berikut:

  1. Sarana dalam menyampaikan ide sang penulis untuk mengembangkan daya kekreatifannya dalam menulis.
  2. Menulis artikel akan membuat sang penulis menjadi lebh berpikir sistematis dengan suguhan berbahasa yang tertib dan teratur.
  3. Memahami tujuan yang nantinya mampu menguasai kompetensi berdasarkan hasil tulisan yang akan dicapai seorang pembaca.
  4. Sarana publikasi dari hasil pemikiran.
  5. Memberikan dampak akademis bagi pembaca.

 

Jenis-jenis Artikel

Secara umum, terdapat lima jenis artikel yang sering kita temui sehari-hari. adapun jenis-jenis artikel tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Artikel Narasi

Artikel ini merupakansalah satu jenis artikel yang isinya bercerita tentang rangkaian peristiwa atau kejadian secara sistematis dari awal, tengah, dan akhir. Pada artikel narasi ini terdapat tokoh, konflik, dan juga penyelesaian dari masalah yang dibahas di dalamnya. Contoh dari artikel narasi diantaranya; biografi, autobiografi, dan kisah pengalaman.

  1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah salah satu jenis artikel yang membicarakan tentang karangan yang menggambarkan mengenai suatu hal untuk dibaca para pembacanya, sehingga melalui jenis artkel ini pembaca dapat membayangkan seolah-oleh bisa merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi artikel yang mereka baca.

  1. Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi ini menjelaskan isi yang berupa penjelasan atau memberikan topik atau  informasi untuk menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi biasanya juga dilengkapi dengan gambar, grafik, dan lainnya.

  1. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi berisikan karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran pada suatu pendapat dengan cara menyajikan data dan fakta sebagai penguat alasan. Di dalam artikel argumentasi memuat unsur opini dan data, selai itu juga fakta sebagai pendukung opini tersebut.

  1. Artikel Persuasi

Artikel persuasi memuat isi yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya. Artikel jenis ini banyak digunakan dalam kampanye-kampanye, seperti halnya kampanye anti narkoba yang isinya menjelaskan tentang bahaya yang terdapat di dalam narkoba.

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan antara Penerbit Mayor dan Indie

Struktur Artikel

  1. Pembuka (Lead)

Pembuka merupakan alinea pertama pada pembukaan sebuah artikel. Memuat tentang prolog, lead, intro, atau teras yang umum yang juga disebut sebagai pembuka. Bagian ini berisikan uraian yang aktual, penting dijadikan pijakan pada pembahasan sebuah artikel berikutnya. Pembukaan berisi uraian pernyataan, peristiwa,  rangkaian kejadian, kutipan dan sebagainya.

  1. Leher

Bagian leher ini juga sering disebut sebagai jembatan atau pengait. Isi yang etrkandung dalam bagian leher artikel disampaikan uraian atau pernytaan yang menguak tentang suatu permasalahan. Jelasnya, pada bagian leher ini dapat menjadi penghubung antara kepala dengan perut dalam suatu artikel.

  1. Isi atau Tubuh

Isi atau tubuh pada artikel ini merupakan bagian yang paling penting pada proses penulisan artikel. Di bagian ini segala permasalahan dituangkan.

  1. Alinea Penutup

Bagian akhir pada sebuah artikel juga sering kita sebut  sebagai antiklimaks, kaki, atau ending. Bagian ini berisikan kalimat kunci yang merangkum keseluruhan pembahasan ke dalam bentuk simpulan yang lebih ringkas dan jelas.

 KLIK DISINI untuk tahu tentang dunia penerbitan yang murah, berkualitas, dan terjangkau.

Dimensi Artikel

Dimensi pada sebuah artikel terdiri atas 4 macam, yakni:

  1. Dimensi hasil pemikiran, berhubungan dengan suatu objek kajian yang berupa temuan penelitian atau suatu gagasan analitis yang bersifat kritis.
  2. Dimensi bahasa, berhubungan dengan tulisan sebagai alat untuk mempresentasikan hasil pemikiran penulis ke dalam bentuk satuan-satuan makna dan penanda antara hubungan satuan-satuan makna tersebut yang dibahas secara eksplisit.
  3. Dimensi sistematika dijadikan sebagai unsur pembeda antara satu bentuk karya tulis artikel pada bentuk karya tulis lain.

Dimensi kaidah berupa kaidah penulisan yang harus ditaati, kaidah itu baik yang

Belum ada Komentar untuk Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Manfaat dan Jenis, Struktur, Dimensi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Manfaat dan Jenis, Struktur, Dimensi

Panduan Menulis Cerpen Yang Baik dan Benar

T 9 September 2020 F , , , A admin

Pengertian Cerpen Panduan Menulis Cerpen Yang Baik dan Benar – Cerita pendek atau yang biasa disebut cerpen merupakan salah satu karya sastra berbentuk prosa, berisikan karangan naratif fiktif yang dapat dibaca sekali duduk. Jumlah kata di dalam cerpen relatif sedikit,... Selengkapnya

Rahasia Jitu Menulis Novel Bagi Pemula

T 16 October 2020 F , A Author

Penulis Pemula Menjadi seorang penulis adalah salah satu bidang yang naik daun diera saat ini. Selain untuk menyalurkan hobi menulis, ada banyak seali manfaat yang akan kita keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita merupakan seorang penulis. Untuk itu, dimasa... Selengkapnya

Langkah Mudah Menulis Puisi Cinta

T 28 October 2020 F , , , A Author

Puisi Cinta – Rasa cinta merupakan ungkapan kasih sayang kita terhadap seseorang. Biasanya cinta selalu berhubungan dengan romansa. Jadi sudah dpastikan bahwak jenis puisi cinta ini termasuk ke jenis puisi romansa. Kamu bisa melihat materi tentang puisi: Pengertian, ciri-ciri, macam-macam,... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.