Beranda » Dunia Menulis » Apa itu Fiksi Mini

Apa itu Fiksi Mini

T Diposting oleh pada 26 August 2020
F Kategori ,
b 1 komentar
@ Dilihat 1709 kali

Mengenal Fiksi Mini

Fiksi mini atau flash fiction merupakan cerita rekaan yang singkat. Meski singkat, fiksi mini memiliki satu kesatuan cerita yang utuh dan juga memiliki unsur pembangun yang sama seperti unsur pembangun pada prosa fiksi yang lain.

Namun, karena fiksi mini ini karangan singkat, unsur pembangun yang dibahaspun tidak terlalu mendetail yang biasanya lebih menekankan pada unsur intrinsik seperti tema, alur, dan amanat cerita.

Di dalam fiksi mini ini pembatasan kata dan karakter memang lebih ditekankan, namun hal itu tidaklah membatasi penyampaian makna dan pengimajinasiannya sehingga cerita yang disuguhkan tetap jelas dan luas. Isi cerita dalam fiksi mini pun beragam yaitu tentang pengalaman sehari-hari, perjalanan tokoh, isu sosial, kritik, dan lain-lain.

Tidak seperti puisi, cerpen, atau novel, fiksi mini memang sedikit awam didengar dikalangan pecinta sastra dan penikmat literasi. Hanya  kalangan tertentu yang mengetahui fiksi mini seperti para sastrawan yang mencari  hal  baru  dalam perkembangan  sastranya.

Sampai  saat  ini pun,  masih banyak  orang  yang cukup merasa  asing  dengan  fiksimini.  Akan tetapi, dengan adanya  media  sosial seperti twitter  dan facebook membuat fiksi mini  maju dengan  pesat berkembang melalui media sosial. Meski begitu, fiksi mini bukanlah tren terbaru untuk diperbincangkan tetapi juga memiliki sejarah yang sangat panjang.

Pada tahun 1920-an, Ernest Hemingway menciptakan sebuah karya yang dikatakannya sebagai ‘novel terbaik dunia’ yang hanya hanya ada enam kata berisikan For Sale: Baby Shoes, Never Worn. Bukan hanya Hemingway yang piawai menulis novel mini, karya serupa juga sudah ada sejak beberapa ratus tahun sebelum masehi yang diciptakan oleh Aesop yaitu berkisar antara tahun  620—560 SM.

Salah satu karya Aeosop diberi judul “The Two Pots.” Tak hanya itu, fiksi mini juga sudah muncul pada kisah-kisah Sufi dari Timur Tengah yang hingga saat ini cerita-cerita seperti Narsuddin Hoja atau Abunawas masih menjadi kisah yang menanarik untuk dibaca dikalangan masyarakat luas.

Penulis Fiksi mini biasanya disebut sebagai fikminer. Di kalangan masyarakat luas, fiksi mini juga disebut sebagai cerita mini (cermin). Selain itu, ada juga yang menyebutkannya dengan istilah cerita kilat ataupun cerpen singkat.

Di Amerika, fiksi mini tidak hanya disebut dengan nama flash fiction, tetapi ada juga yang menyebutnya sebagai sudden fiction atau micro fiction. Sedangkan di Prancis, fiksi mini dikenal dengan nama nouvelles.

Masyarakat Jepang menyebut kisah-kisah singkat fiksi mini itu dengan nama “cerita setelapak tangan”, sebab cerita berbentuk fiksi mini ini sangat cukup bila dituliskan di telepak saja.  Ada juga yang menyebut fiksi mini sebagai postcard fiction atau cerita kartu pos, karena cerita itu cukup bila ditulis dalam kartu pos. Bahkan, Sean Borgstrom juga memperkenalkan tulisan fiksi mini sebagai nanofiction.

Ciri-ciri Fiksi Mini

  1. Ceritanya singkat, bahkan lebih singkat dari cerpen.Seperti yang kita ketahui, dari cerminan judulnya saja fiksi mini sudah menunjukan bahwa cerita yang terkandung di dalamnya adalah cerita yang singkat. Fiksi yang berarti cerita rekaan atau khayalan, mini yang artinya kecil, singkat, dan sedikit.
  2. Jumlah kata berkisar antara 250-1000 kata. Seiring berjalannya waktu beberapa fiksi mini muncul dengan jumlah kata yang kurang dari 250, bahkan ada yang hanya berukuran 4-10 kata atau hanya 140 karakter.
  3. Bersifat imajinatif.Imajinatif merupakan sifat yang harus dimiliki oleh setiap karya sastra termasuk fiksi mini. Melalui pengimajinasian yang disampai kan dengan kata-kata, fiksi mini dapat  menyampaikan pesan estetis yang mendalam bagi pembaca
  4. Memiliki pemilihan kata yang tidak bertele-tele atau to the poin.
    Fiksi mini lebih menekankan pembahasan pada inti cerita, membuat cerita dapat tersampaikan seutuhnya meski dengan kata-kata yang minim, serta penjelasan yang jelas dan lugas namun menarik daya imajinasi.

Perbedaan Fiksi Mini Dan Cerpen

  • Cerpen dan fiksi mini merupakan jenis sastra berbentuk prosa fiksi yang memang tampak serupa. Akan tetapi, cerpen dan fiksi mini memiliki perbedaan yang sangat tampak berdasarkan pembatasan karakter dan katanya.
  • Jumlah kata pada cerita pendek 1.000-10.000 kata, sedangkan fiksi mini terdapat jumlah kata 250-1.000 kata, bahkan ada yang lebih singkat lagi.
  • Fiksi mini hanya memiliki satu latar waktu dan satu latar tempat, sedangkan cerpen boleh lebih dari itu.
  • Cerpen memiliki pilihan kata yang lebih mendetailkan masalah, konflik, dan penyelesaian yang cukup rumit untuk menantang imajinasi para pembaca sedang fiksi mini lebih menekankan pada pemilihan kata yang to the poin atau tidak bertele-tele tetapi dengan pengimajinasian dan penyampaian yang bisa tersampaikan.

Tips Menulis Fiksi Mini oleh Penerbit Elmarkazi

  1. Tentukan TemaMulailah temukan ide-ide menarik dipengalaman sehari-hari maupun imajinasi yang terlintas dipikiranmu. Kembangkan ide yang kamu dapat menjadi sebuah tema yang menarik. Fokuskan satu tema yang akan diusung menjadi sebuah daya tarik yang kaya akan pemaknaan cerita dan mengandung unsur amanat untuk disampaikan kepada para pembaca.
  2. Fokus pada inti ceritaKembangkan cerita yang akan ditulis dan pikirkanlah cerita seperlunya saja. Tidak perlu membuat cerita yang terlalu mendetailkan kejadian, baik alur, penokohan, konflik, dan lain-lain. Ingatlah pembatasan karakter yang sudah ditentukan.
  3. Mulai MenulisTuliskan berdasarkan pemikiran-pemikiran dan ide yang ditemukan. Tuangkan tulisanmu dengan baik tanpa keragu-raguan. Biarkan imajinasimu bekerja dan pastikan imajinasi itu akan tersampaikan pada para pembaca. Fokus untuk menciptakan karya-karaya yang menarik.
  4. EditingBaca ulang keseluruhan naskah yang sudah kamu buat. Buanglah kalimat yang hanya berfungsi menerangkan, ganti dengan kata-kata yang lebih umum dan memiliki pemaknaan yang jelas.  Edit dan perbaiki ejaan yang salah.

Contoh Fiksi Mini 95 kata

Pusara

Oleh: Vie Rahman (Virlyana Rahman)

Aku menatap ke arah nisan yang masih basah. Entah kenapa sebagaian hatiku menginginkan dia kembali hidup. Meski dia harus menggali dari perut bumi dan bangkit dari kuburnya. Aku sungguh ingin bertemu dengannya meski untuk terakhir kali, ya Tuhan.

Setelah bertahun-tahun berkelana mencarinya, satu-satunya wanita yang aku cintai, kini aku menemui pusaranya.

Bangkitkanlah di, Tuhan. Aku hnay ingin bertemu dan meminta maaf padanya untuk terakhir kali.  Kuusap nisan kayu di depanku sebuah nama terlihat jelas di sana. Kusadari nama belakang wanita itu berbeda ketika tanah di bawah nisannya mulai bergoyang.

1 Komentar untuk Apa itu Fiksi Mini

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa itu Fiksi Mini

Cara Membuat Kerangka Ide Cerita yang Menarik

T 20 October 2020 F , , , , , A Author

Kerangka Cerita – Mengarang merupakan kegiatan mengumpulkan ide atau gagasan utuk dituliskan menjadi sebuah karya tulis kreatif. Cerita yang dihasilkan dari proses mengarang berbobot, rapi, dan terstruktur, siapa yang tidak menginginkan itu? Hal tersebut menjadi hal yang sangat diinginkan dan... Selengkapnya

Penggunaan Gaya Bahasa yang Menarik Pada Cerpen

T 14 October 2020 F , A Author

Pengertian Gaya Bahasa Albertine (2005: 51) berpendapat, gaya bahasa adalah bahasa yang bermula dari bahasa yang biasa digunakan dalam gaya tradisional dan literal untuk menjelaskan orang atau objek. Dengan menggunakan gaya bahasa, pemaparan imajinatif menjadi lebih segar dan berkesan. Gaya... Selengkapnya

8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

T 27 October 2020 F , , , A Author

Profesi Penulis – Penulis adalah profesi yang sedang naik daun saat ini. Faktor yang mendukung dan menyebabkan seseorang tertarik pada bidang profesi ini banyak sekali.  Terutama perkembangan teknologi informasi di era modern ini. Tidak mudah lagi untuk menjadi seorang penulis.... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.