Beranda » Dunia Menulis » 8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

T Diposting oleh pada 27 October 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 50 kali

Profesi Penulis – Penulis adalah profesi yang sedang naik daun saat ini. Faktor yang mendukung dan menyebabkan seseorang tertarik pada bidang profesi ini banyak sekali.  Terutama perkembangan teknologi informasi di era modern ini. Tidak mudah lagi untuk menjadi seorang penulis. Kmau bisa menulis di platform tertentu mendapatkan banyak pembaca, maka kau akan dikenal. Misalnya blogger, wattpad, atau media-media sosial seperti instagram, facebook, twitter dna lain-lain.

Internet sudah menjadi gudangnya ilmu. Tak jarang orang-orang yang berkecimpung menulis di internet dilirik oleh penerbit seperti beberapa penulis wattpad yang akhirnya karya mereka terpilih untuk diterbitkan, atau penulis-penulis qoute dan puisi di media sosial yang akhirnya mengumpulkan karya-karya yang sudah mereka tulis di sosmed tersebut menjadi  sebuah buku antalogi. Pengguna artikel pada media industri daring juga sangat melonjak, mulai dari portal berita, e-commerce, blog pribadi, website, dan lain-lai. Nah, ini adalah peluang yang besar bagi kamu yang gemar menulis artikel.

Baca Juga: Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

Walaupun internet begitu maju pesan, tetapi media buku tetap menjadi media favorit sebagai tempat membaca. Jika seorang penulis belum menerbitkan buku dan hanya sibuk menulis di media online saja, maka (mungkin) belum layak untuk disebut sebagai seorang penulis.

Menulis buku memanglah memerlukan investasi yang cukup besar dalam waktu, tenaga, maupun keuangan. Proses pengerjaan melalui proses yang panjang dan mungkin bisa memakan waktu bertahun-tahun mulai dari penulisan, pengeditan, produksi, dan printilan proses lainnya. Meski begitu, menjadi seorang penulis adalah cita-cita yang masih cukup banyak diminati dikalangan masyarakat.

Di lain sisi banyak yang beranggapan, menulis itu adalah bakat yang sudah dibawa sejak lahir. Yups, bisa jadi. Namun, seorang penulis tidak hanya lahir dari seseorang yang berbakat, tetapi seorang penulis adalah orang yang tekun dan tak pantang menyerah untuk belajar dan berusaha, lagi dan lagi. Sebab menulis melewati tahapan-tahapan kompleks yang menguras pikiran, energi, dan ketrampilan agar menghasilkan sebuah karya tulis yang menarik.  Penulis harus menjangkau lebih jauh, lebih dalam, dan lebih luas suatu objek yang ditulis dalam sebuah tulisan, mengidentifikasi suatu masalah, mengembangkan imjinasi, serta pandai membaca gejala suatu fenomena. Untu itu, semua orang berpetuang menjadi seorang penulis asalkan memiliki kemauan yang kuat untuk terus berproses.

Baca Juga: Macam-macam Gendre pada Novel

Sesuai uraian di tentang susahnya menjadi seorang penulis di atas, kira-kira apa saja ya manfaat manjadi seorang penulis yang  merupakan profesi yang cukup diminati orang-orang ini? Tentu dong, kita akan mendapatkan segudang keuntungan melalui kegiatan positif seperti menulis. Nah, yuk simak poin-poin yang akan diuraikan sebagai berikut agar kamu manfaat apa saja yang akan diterima orang-orang yang berprofesi sebagai seorang penulis:

  1. Bertambahnya Wawasan

Keuntungan yang yang paling besar seorang penulis adalah bertaambahnya kosa kata dan wawasan mereka. Sebab menjadi seorang penulis tidak hanya bertugas sebagai penulis juga sebagai pembaca baik membaca tulisan sensdiri yang sudah ditulis, maupun pembaca bahan-bahan materi yang akan dituliskan di dalam tulisan yang ingin ia tulis. Seorang penulis akan berusaha mencari informasi yang lengkap dan referensi dan terus aktif berpikir.

  1. Sarana Untuk Berdakwah

Menulis juga dapat dimanfaatkan seseorang untuk sarana berdakwa. Tulisan memungkinkan siapapun menjadi penceramah tanpa mimbar.  Nah untuk itu, marilah menuliskan hal-hal yang positif yang berisikan ilmu, pengajaran, dan pengalaman yang bermanfaat untuk orang lain agar kita bisa menjadi seorang pendakwa melalui tulisan kita. Berdakwa tidak hanya berlaku bagi umat Islam juga namun juga bagi penganut agama-agama lain. Untuk itu, seseorang yang ingin menjadi pendakwa tidak perlu melakukan perjalanan dari kota ke kota, tetapi juga bisa melalui tulisan. Tulisan adalah sarana berdakwa yang paling efektif dan praktis.

  1. Mendapat Pahala Tak Terputus (Amal Jariyah)

Setiap orang akan mati, begitu pula dengan kita. Bukankah saat kita mati tidak akan ada satu pun yang akan kita bawa, kecuali amalan? Yups betul, selain akan mendapatkan pahala dakwa melalui tulisan yang kita tulis selama hidup, tulisan-tulisan tersebut tetap akan menjadi ladang pahala untuk kita saat kita sudah sudah meninggal. Sebaba tulisan-tulisan yang kita buat masih tetap akan dibaca orang lain, manfaat yang akan mereka dapatkan akan mengalirkan kebaikan selalu untuk kita. Nah, untuk itu, niatkanlah jika kelak kita mati, minimal sudah ada satu buku yang akan kita sumbangkan di dunia ini untuk kebaikan dan manfaat untuk generasi dimasa mendatang.

  1. Menginspirasi Orang Lain

Selain mendapatkan wawasan yang luas dari diri kita sendiri sebagi seorang penulis, menjadi seorang penulis tentu akan mempengaruhi ornag lain. Kita bisa memotivasi dan menginspirasi seseorang melalui tulisan kita. Melalui tulisan kita bisa menebarkan manfaat kepada-orang yang mungkin sama sekali belum kita kenal. Selain menjadi pendakwa tanpa mimbar, menjadi seorang penulis  kita juga bisa menyapa orang lain tanpa harus bertemu. Dan, masih banyak manfaat-manfaat lainnya.

  1. Hidup Menjadi Lebih Sehat

Salah satu keuntungan menulis buku yang jarang diketahui oleh sebagian besar yaitu terkait dengan dampak kesehatan yang ditimbulkan. Dengan menuangkan berbagai ide dan gagasan, secara tidak langsung akan menghilangkan satu garis keriput di kantong mata kita. Selain itu, kegiatan menulis juga bisa mengencangkan kulit dan menyehatkan pikiran. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari aktivitas menulis sendiri yang menuntut kita untuk mengekspresikan berbagai hal yang kita pikirkan dan rasakan. Secara psikologis, kita bisa mencurahkan segala bentuk kesedihan atau perasaan yang mengganggu kita ke selembar kertas sehingga kesedihan yang kita rasakan bisa dibuang.

  1. Memeperluas Pertemanan

Memperbanyak teman tidak hanya kita peroleh dari mengikuti organisasi, media sosial, forum-forum tertentu saja. Dengan menulis, kamu juga akan mendapatkan banyak teman-teman baru drngan proses yang lebih mudah. Teman-teman tersebut itu adalah pembaca, baik media daring (online) atau pun melalui luring (buku). Sehingga, kamu bisa  menjalin relasi dan pertemanan kepada mereka. Hal tersebut akan bermanfaat untuk perkembangan bisnis kamu yang lainnya.

KLIK DISINI untuk informasi seputar penerbitan.

  1. Mendapat Penghasilan

Setelah buku Anda ditulis dan diterbitkan, tentu akan ada yang namanya membeli. Apalagi, jika buku kamu menjadi buku yang cukup populer dan digemari sehingga menjadi laku keras, penghasilan yang akan kamu dapatkan pun akan semakin banyak. Tak hanya media buku, media internet pun seperti blogger dan lain-lain, juga bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

  1. Menjadi Orang yang Terkenal

Buku yang sudah kita tulis dan kita terbitkan akan dibaca oleh orang-orang, orang orang tersebut kemudian akan mengenal kita apalagi tulisan yang kita buat berbobot, para pembaca tersebut akan mencari tahu tentang kita lebih jauh. Nah, dengan demikian nama kita akan lebih melonjak dan dipercayai untuk membaca karya-karya kita selanjutnya.

Baca Juga:  Cara Cerdas Memilih Novel yang Menarik

Belum ada Komentar untuk 8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

Macam-macam Genre pada Novel

T 24 October 2020 F , , , , A Author

Novel adalah karya tulis yang cukup digemari dikalangan masyarakat. Salah satu hal yang terpenting yang terdapat di dalam sebuah novel yaitu gendre pada novel tersebut. Genre itu sendriri merupakan model yang menjadi dasar pada cerita di sebuah buku. Genre biasanya... Selengkapnya

5 Langkah Menulis Cerita Fantasi yang Meyakinkan

T 21 October 2020 F , , , , , A Author

Menulis cerita fantasi merupakan salah satu proses menulis yang sangat menyenangkan. Untuk membuat cerita bergendre ini, hal yang harus kita lakukan agar cerita tampak realistis adalah dengan mendeskripsikan latar dengan mendetail, mengembangkan daya khayal yang supernatural, menciptakan tokoh fiksi yang... Selengkapnya

Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah

T 28 October 2020 F , , , A Author

Karya tulis ilmiah atau biasa dikenal juga dengan akronim KTI bukanlah pekerjaan yang asing bagi kalangan masyarakat terpelajar. Baik itu para guru, siswa, dosen, mahasiswa,dan kalangan terpelajar lainnya. Tekhusus mahasiswa sendiri, karya ilmiah adalah hal wajib yang harus dikuasai baik... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.