Beranda » Dunia Menulis » 10 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Membaca Novel

10 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Membaca Novel

T Diposting oleh pada 28 October 2020
F Kategori , , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 53 kali

Membaca Novel – Bagi sebagian orang, membaca novel menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan. Novel didauat mampu menghapuskan rasa bosan seseorang. Terkadang, seseorang tanpa sadar secara berjam-jam sudah menghabiskan waktu luangnya sekadar untuk mempetualangi sebuah novel, tak apa, namanya juga mengisi waktu luang, apalagi waktu luang tersebut diisi dengan hal-hal yang positif seperti halnya membaca novel. Lebih dari mendapatkan hiburan, sebuah laporan penelitian menunjukkan bahwa membaca novel adalah kunci sebagai pengurang stres dan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pikiran. Selain itu, ada banyak sekali manfaat dan keuntungan  lainnya yang harus kamu ketahui dari membaca novel.

Namun, ada pula yang memandang sebelah mata buku-buku fiksi seperti novel. Buku-buku jenis ini dianggap memiliki daya khayal yang jauh dari realita tidak mungkin terjadi (terutama yang bertema fantasi). Padahal, bagi orang yang benar-benar suka pembaca apalagi yang suka membaca novel, khayalan-khayalan dan imajinasi inilah yang mereka harap-harapkan menjadi poin yang paling asyik di dalam sebuah novel.

Baca Juga: 8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

 Makhluk sosial seperti manusia tentu harus mampu menempatkan dirinya pada posisi orang lain, dengan kata lain mampu berempati. Nah yang harus kamu ketahui adalah membaca novel fiksi ini dapatlah dijadikan salah satu cara paling efektif dalam menumbuhkan empati di dalam diri masing-masing individu. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh psikolog Raymond Mar yang membuktikan bahwa membayangkan cerita di dalam sebuah novel fiksi akan mengaktifkan wilayah otak yang memiliki bertugas memahami orang lain. Selain itu, novel fiksi dapat membuat pembaca membuka pemikirannya dengan memandang sesuatu dari sisi yang berlainan.

By the way, kapan terakhir kamu membaca novel? Sudah lama enggak ya? Hehe, atau kamu lebih sering membaca-baca status di sosmed sebagai aktivitas membaca kamu sehari-hari seperti Faceboo, twitter, instagram, atau jejaring sosial lainnya? Wah rugi banget kalau kamu membaca sebuah novel hanya karena sedang mendapatkan tugas saja dan biasanya tugas tersebut tidak selalu berhubungan dengan novel saja. Dengan begitu kamu akan kehilangan manfaat yang seharusnya kamu terima dari membaca sebuah novel. Adapun 10 manfaat dari membaca novel di antaranya adalah:

  1. Stimulasi Mental

Studi menunjukkan manfaat membaca setiap hari yakni akan mencegah Alzheimer dan Demensia. Melalui proses membaca, otak akan terjaga tetap aktif sehingga akan membuat kita tidak mudah pikun atau kehilangan ingatan. Sama halnya seperti otot-otot lain di dalam tubuh yang harus kita gerakan setiap harinya, otak juga membutuhkan aktivitas agar ia tetap kuat dan selalu sehat.

  1. Mengubah Fungsi Otak

Membaca novel dapat mengubah fungsi otak. Sebab, ketika kita membaca sebauh novel sistem otak akan diunduh, sehingga hal tersebut akan menyebabkan otak menguasi korteks temporal bagian kiri, bagian otak inilah yang akan berpengaruh menghubungkan pikiran dan tindakan.

  1. Memperkaya Tata Bahasa

Dibanding novel bergenre lain, novel fiksi/fantasi lah yang paling berdampak besar untuk memperkaya tata bahasa seseorang. Apalagi jika yang kamu baca adalah novel berbahasa asing. Semakin banyak katia yang baca, semakin banyak pula kata yang akan didapatkan. Hal tersebut tentu akan berpengaruh alam membantu kita berbicara dan mengekspresikan banyak hal dengan baik, sehingga dapat membantu kita dalam profesi apapun. Ketika berbicara kita sudah baik tentu juga akan meningkatkan rasa percaya diri kita untuk lebih mendorong bergerak ke arah yang lebih maju lagi. Selain menjadi pembicara yang baik dengan membaca kita akan memiliki pengetahuan yang luas mengenai banyak topik berdasarkan bahasa yang sudah terpilih.

Baca Juga: Penting, Inilah Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas!

  1. Keterampilan Berpikir Analitis

Ketika membaca sesuatu, terutama yang berbentuk cerita di dalam novel kita dituntut untuk berpikir keras menerka-nerka kelanjutan cerita tersebut, bahkan menerka endingnya yang terkadang membuat kita kecewa karen atak sesuai dengan pemikiran kita. Akan tetapi, novel-novel yang tak tertebak seperti inilah yang lebih bagus. Atau, pernahkah kamu membaca novel misteri yang berisikan teka-teki? Pasti kamu akan berupaya untuk memecahkan misteri itu sebelum menyelesaikan membaca bukunya. Dengan membaca novel  kamu akan memiliki pemikiran kritis dan analitis dalam mencatat atau memecahkan rincian dan mencoba untuk mengungkap kesimpulan dari teka-teki yang terdapat di dalam rintian itu. Membaca akan melatih dalam memahami rangkaian peristiwa, sehingga otak mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang ada.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Dalam menjalani aktivitas yang berat seperti halnya bekerja di depan layar monitor selama berjam-jam yang membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi tentu akan memerlukan hiburan akan konsentrasi tersebut bisa berjalan dengan maksimal. Seperti halnya aktivitas berikut: Dalam rentang beberapa menit kita harus melaksankan beberapa aktivitas, mengerjakan tugas, memeriksa pesan yang masuk ke ponsel, mengobrol dengan beberapa orang, dan aktivitas-aktivitas lain yang tentunya akan menyebabkan tingkat stres kita meningkat, dan menurunkan produktivitas. Nah, saat kamu membaca sebuah buku, perhatianmu akan terfokus ke buku sehingga kamu dapat melibatkan diri dalam setiap detail yang kamu rasakan. Membaca novel tentunya akan membutuhkan daya konsentrasi yang cukup tinggi diandingkan dengan aktivitas lainnya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Mengolah Emosi

Saat membaca karya novel, tentunya secara sadar atau tidak sadar kita meneliti banyak hal seperti pemaknaan bahasa yang dipakai di dalam tulisan tersebut, mengimajinasikan beberapa kejadian, serta mengolah emosi. Kadang kala saat membaca kita akan mudah emosi atas segala kejadian/tindakkan yang tidak sesuai di dalam cerita tersebut, namun emosi kita akan meredah dengan sendirinya setelah mendapatkan kejelasan lainnya. Semakin sering emosi kita dipermainkan oleh penulis maka akan semakin terkontrol pula emosi diri kita sendiri.

Baca Juga: Macam-macam Gendre pada Novel

  1. Ketenangan

Selain relaksasi, membaca sebuah novel akan membuat para pembaca dapat menghasilkan kedamaian dan ketenangan batin yang sangat luar biasa. Membaca novel akan menurunkan tekanan darah sehingga timbul rasa tenang dan damai, sementara itu saat kita membaca buku self-help telah banyak bukti yang akan meredakan gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan.

  1. Kreativitas

Sudah banyak sekali cerita di dalam buku yang akhirnya divualisasikan melalui sebuah film. Terkadang setelah melihat film yang diambil dari kisah di dalam buku itu tidak sesuai dengan imajinasi yang ada di otak kita.  Ketika membaca novel Harry Potter misalnya, bentuk dari tokoh Hogwarts sudah pasti akan digambarkan berbeda-beda di imajinasi setiap orang.

  1. Sebagai Sarana Rekreasi

Berkunjung ke perpustakaan terdekat sekadar untuk berselancar ke deretan buku-buku yang tak terhitung jumlahnya dapat menjadi ajang rekreasi untuk menghilangkan penak seusai bekerja atau belajar. Dengan membaca buku, selain kamu akan bertambah pintar, kamu juga akan terhibur. Untuk itu, mulailah untuk mencari sesuatu yang baik atau bagus untuk dibaca, jangan hanya membaca status-status orang di sosial media saja.

 

Mau tahu informasi tentang penerbitan? Yuk KLIK DISINI untuk info lebih lanjutnya.

Belum ada Komentar untuk 10 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Membaca Novel

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 10 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Membaca Novel

Penggunaan Gaya Bahasa yang Menarik Pada Cerpen

T 14 October 2020 F , A Author

Pengertian Gaya Bahasa Albertine (2005: 51) berpendapat, gaya bahasa adalah bahasa yang bermula dari bahasa yang biasa digunakan dalam gaya tradisional dan literal untuk menjelaskan orang atau objek. Dengan menggunakan gaya bahasa, pemaparan imajinatif menjadi lebih segar dan berkesan. Gaya... Selengkapnya

Pengertian Menulis

Pengertian Menulis

T 24 May 2016 F A admin

Salam berkarya. Apa kabar kamu? Iya kamu? Sudah menulis hari ini? Apapun itu. Sms, whatssapp, line, bbm, status, atau mungkin sebuah cerita di awal pagi ini sudah kamu tuliskan. Apapun itu selamat buat kamu yang sudah berhasil untuk menulis pada... Selengkapnya

Tips Menulis Artikel Menarik Bagi Pemula

T 17 October 2020 F , , A Author

Menulis Artikel – Berkembang pesatnya teknologi dibidang internet memberikan wadah tersendiri bagi para penulis, terutama bagi mereka yang senang mengamati sekitar dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Yups, penulis artikel. Menjadi penulis blogger menjadi adalah profesi yang cukup digemari saat... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.