Beranda » Tips dan Trik » Tips dan Trik Agar Tulisan Asyik Dibaca Walau Berulang-ulang

Tips dan Trik Agar Tulisan Asyik Dibaca Walau Berulang-ulang

T Diposting oleh pada 16 May 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1357 kali

Berikut adalah tips dan trik menulis buku, novel, cerpen agar tidak bosan dibaca.

Sebagai seorang penulis kita harus bijak. Bijak di sini maksudnya perhatian dengan pembaca. Caranya? Tulisan kita harus baik. Maksudnya, tulisan kita harus membuat orang lain merasa nyaman tatkala membacanya. Tidak sedikit penulis yang “gagal” karena kurang memerhatikan hal itu. Penulis hanya sibuk memperindah bahasanya tanpa menaruh perhatian kepada pembaca. Menggunakan bahasa yang indah itu boleh, bahkan sangat dianjurkan, terutama pada penulisan prosa. Namun, juga harus memikirkan pembacanya. Bagaimana sih tips dan trik agar tulisan kita asyik dibaca walau berulang-ulang? Tips dan triknya sederhana. Yuk, simak tulisan ini sampai selesai.

Penulis Buku Best Seller, Outline untuk Buku Motivasi

1. Tulis Sesuai Target Pembaca

Sebagai penulis kita harus tahu untuk siapa tulisan kita. Kita juga harus bisa membedakan sasaran atau target pembaca. Kesesuaian pemakaian bahasa merupakan hal yang wajib diperhatikan. Buku untuk anak-anak layaknya menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, kalimatnya pendek-pendek, dan sebagainya. Pelajari karakter pembaca dan aplikasikan yang kita dapatkan.

Jangan menjadi penulis yang “egois”, tapi jadilah penulis yang “memasyarakat”. Maksudnya, ketika menulis kita harus menyesuaikan dengan sasaran atau target pembaca. Ada beberapa pertanyaan yang dapat kita jadikan patokan, yaitu:

  1. Siapa yang membaca tulisan ini?
  2. Apa yang mereka ketahui tentang tulisan ini?
  3. Mengapa mereka membaca tulisan ini?

2. Sertakan Emosi Pembaca

Tulisan kita harus membius pembaca. Maksudnya, tulisan kita harus membuat pembaca larut dalam suasana atau emosi yang kita ciptakan. Berikut beberapa hal yang harus kita pikirkan supaya tulisan kita mampu menciptakan emosi pembaca.

  1. Katakan “tidak” pada sifat egoisme kita sebagai penulis. Kita harus memerhatikan pembaca. Buat tulisan kita seolah-olah kita berbicara dengan teman terdekat kita.
  2. Manfaat tulisan. Pikirkan bahwa orang lain yang membaca tulisan kita karena mereka membutuhkannya. Mereka ingin mengambil manfaat dari tulisan kita. Maka, tulislah yang benar-benar bermanfaat untuk mereka.
  3. Gunakan kata-kata yang bisa menggaet dan menimbulkan emosi pembaca supaya mereka membaca tulisan kita dari awal hingga akhir.
  4. Poin tulisan. Selipkan poin-poin baik secara tersirat atau tersurat ke dalam tulisan kita, sehingga pembaca akan mengetahui inti dari tulisan kita.
  5. Kalimat dan paragraf yang pendek. Kalimat dan paragraf yang panjang membuat pembaca cepat bosan dan enggan membaca. Oleh karena itu, buatlah kalimat dan paragraf yang pendek dan tidak bertele-tele.
  6. Uji coba. Ada baiknya kita harus menguji coba tulisan kita ke beberapa teman terdekat, lalu meminta komentar mereka atas tulisan kita itu. Hal itu bisa menjadi pembelajaran juga perbaikan untuk tulisan kita.

 

3. Dengan Gaya Bercerita

Setiap penulis memiliki gaya masing-masing dalam penceritaannya. Gaya di sini maksudnya adalah cara pengarang menyajikan tulisannya dengan bahasa yang indah, harmonis, dan menciptakan suasana yang bisa menyentuh emosional pembaca.

Setiap penulis memiliki gaya masing-masing yang unik. Ada yang menonjolkan latar dan waktu dalam setiap kisahnya. Ada juga yang lebih menonjolkan tokoh dan penokohannya. Semuanya kembali kepada selera kita sebagai penulis. Dua hal yang perlu dicatat dan selalu kita ingat, “perhatikan pembaca” dan “jangan berlebihan”.

Demikian tips dan trik supaya tulisan kita tetap asyik dibaca walau dibaca berulang-ulang. Selamat mencoba. J

Belum ada Komentar untuk Tips dan Trik Agar Tulisan Asyik Dibaca Walau Berulang-ulang

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tips dan Trik Agar Tulisan Asyik Dibaca Walau Berulang-ulang

Macam-macam Genre pada Novel

T 24 October 2020 F , , , , A Author

Novel adalah karya tulis yang cukup digemari dikalangan masyarakat. Salah satu hal yang terpenting yang terdapat di dalam sebuah novel yaitu gendre pada novel tersebut. Genre itu sendriri merupakan model yang menjadi dasar pada cerita di sebuah buku. Genre biasanya... Selengkapnya

4 Langkah Mudah Mengedit Naskah Sendiri

T 12 October 2020 F , A admin

Cara Penyuntingan Naskah – Setelah naskah selesai ditulis, langkah yang harus kamu lakukan pada naskahmu adalah proses penyuntingan atau editing. Proses ini tak kalah pentingnya, dengan dilakukan proses editing sebuah naskah akan diolah menjadi tulisan yang lebih matang lagi, lebih... Selengkapnya

10 Manfaat Bagi Kamu yang Suka Membaca Novel

T 28 October 2020 F , , , , A Author

Membaca Novel – Bagi sebagian orang, membaca novel menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan. Novel didauat mampu menghapuskan rasa bosan seseorang. Terkadang, seseorang tanpa sadar secara berjam-jam sudah menghabiskan waktu luangnya sekadar untuk mempetualangi sebuah novel, tak apa, namanya juga mengisi... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Menulis Puisi Dapat Duit

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.