Beranda » Fiksi » Mengenal Lebih Dalam Seputar Dunia Fiksi

Mengenal Lebih Dalam Seputar Dunia Fiksi

T Diposting oleh pada 16 May 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2104 kali

Karya fiksi adalah sebuah tulisan yang melibatkan kisah atau karangan yang bersifat imajinatif yang menyangkut kehidupan. Karya fiksi berupa tulisan naratif. Abrams (1981: 61) menyatakan bahwa yang membedakan karya fiksi dengan karya nonfiksi, yaitu tokoh, peristiwa, dan tempat yang disebut-sebut dalam karya fiksi bersifat imajinatif sedangkan pada karya nonfiksi bersifat faktual.

Altenbernd dan Lewis (1966: 14) menyatakan bahwa fiksi dapat diartikan sebagai prosa naratif yang bersifat imajinatif, namun biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatisasi hubungan-hubungan antarmanusia.

Karya Ilmiah, Nonfiksi, Refrensi, Feature

Karya fiksi terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Prosa

Prosa berasal dari bahasa Latin, “prosa” yang berarti “terus terang”. Prosa adalah suatu karya tulis yang menceritakan kehidupan yang bersifat imajinatif. Di dalamnya memuat alur kehidupan yang diceritakan dengan kecenderungan apa adanya. Tidak dikiaskan. Prosa terbagi menjadi tiga, yaitu:

2. Novel

Secara umum novel dapat didefinisikan sebagai prosa yang panjang yang dibukukan. Di dalamnya terdapat berbagai konflik yang mendukung alur cerita. Yang paling khas dari novel adalah terjadinya perubahan nasib tokoh disebabkan oleh konflik yang dialami di dalam cerita. Contohnya: Hujan karya Tere Liye, Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia, Stoples Pelangi Ayasofya karya Keken Cana, Sebelas Patriot karya Andrea Hirata, Ashtin Karimyeva karya Arif A P, Pesantren Impian karya Asma Nadia, Sakura Berguguran di Beranda Makkah karya Eva De, Samudera Setengah Abad karya Khoirunnisa Nurul Habibatulloh, dan masih banyak lagi.

3. Cerpen

Cerpen adalah prosa yang pendek, mengandung satu konflik, dan dapat dibaca dengan sekali duduk. Sekali duduk di sini maksudnya adalah tidak memerlukan waktu lama, mengingat pendeknya prosa itu. Cerpen paling panjang hanya sampai belasan halaman.

Sumardjo (dalam Sukino, 2010: 142) menyatakan bahwa cerpen (cerita pendek) adalah seni, keterampilan menyajikan cerita, yang di dalamnya merupakan satu kesatuan bentuk utuh, manunggal, dan tidak ada bagian-bagian yang tidak perlu, tetapi juga ada bagian yang terlalu banyak. Semuanya pas, integral, dan mengandung suatu arti.

Lubis (dalam Sukino, 2010: 144) menyatakan bahwa dalam cerpen harus ada:

  • Cerpen mengandung interpretasi pengarang tentang konsepsinya mengenai penghidupan, baik secara langsung atau tidak langsung.
  • Sebuah cerpen harus menimbulkan suatu hempasan, suatu kesan dalam pikiran pembaca.
  • Cerpen harus menimbulkan perasaan pada pembaca, bahwa pembaca merasa terbawa oleh jalan cerita, dan cerpen pertama-tama menarik perasaan, baru kemudian menarik pikiran.
  • Cerpen mengandung rincian dan insiden-insiden yang dipilih dengan sengaja dan yang bisa menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran pembaca.

Suroto (dalam Sukino, 2010: 146) menyatakan bahwa cerpen pada dasarnya dibangun atas unsur-unsur tema, amanat, perwatakan, latar, dialog, dan pusat pengisahan.

Beberapa contoh cerpen, antara lain: Laki-laki Sejati karya Putu Wijaya, Cinta Tak Bertuan karya Dewi Lestari, Playboy Berkedok Ikhwan karya Panisia Julita, Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa, Surat dari Israel karya Siti Arfidah dkk, dan masih banyak lagi.

4. Drama

Drama terdiri dari dua bagian, yaitu drama dalam bentuk naskah dan drama dalam bentuk pementasan. Secara umum drama dapat diartikan sebagai karangan yang menggambarkan kehidupan manusia yang dipentaskan. Drama biasa juga disebut teater.

Drama yang dipentaskan merupakan drama yang dipertontonkan di panggung. Sedangkan drama yang tidak dipentaskan atau naskah drama merupakan tulisan atau teks yang menjadi patokan atau rujukan dalam suatu pementasan drama.

5. Puisi

Puisi merupakan salah karya fiksi yang menggunakan kata-kata yang indah, penuh kiasan, dan sepadat-padatnya untuk menyampaikan isi hati, emosi, dan hal-hal mengenai eksplorasi diri. Sayuti (dalam Sukino, 2010: 113) menyatakan bahwa puisi merupakan pengucapan bahasa yang memperhitungkan adanya aspek-aspek bunyi di dalamnya, yang mengungkapkan pengalaman imajinatif, emosional, dan intelektual penyair yang ditimba dari kehidupan individu dan sosialnya, yang diungkapkan dengan teknik tertentu sehingga puisi itu dapat membangkitkan pengalaman tertentu pula dalam diri pembaca atau pendengarnya.

Puisi juga bisa diartikan sebagai karya fiksi yang indah. Ya, puisi paling kental dengan kata-kata indahnya. Banyak sekali yang menyatakan ‘puitis’ (indah atau diindah-indahkan).

Puisi terbagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru atau modern. Puisi lama terdiri dari pantun, gurindam, syair, dan beberapa puisi lain. Puisi lama adalah puisi yang terikat. Maksudnya, penulisnya terkekang oleh aturan-aturan yang melekat padanya. Pantun misalnya, terdiri dari beberapa syarat.

  1. Setiap bait terdiri dari empat baris.
  2. Bersajak AB AB atau AA AA.
  3. Baris pertama dan kedua adalah sampiran.
  4. Baris ketiga dan keempat adalah isi.

Sedangkan puisi baru atau puisi modern adalah puisi yang bebas. Tidak terikat dengan aturan sebagaimana pantun, gurindam, dan puisi-puisi lama lainnya. Namun, satu yang perlu dicatat, puisi modern menggunakan bahasa yang sangat padat dan singkat. Intinya pada puisi menggunakan bahasa yang sangat singkat untuk menyampaikan maksud yang terbesit dalam hati.

 

Belum ada Komentar untuk Mengenal Lebih Dalam Seputar Dunia Fiksi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mengenal Lebih Dalam Seputar Dunia Fiksi

Langkah-langkah menulis puisi, mengubah puisi jadi prosa

Langkah-langkah Menulis Puisi

T 16 May 2016 F , A admin

  Secara umum puisi dapat didefinisikan sebagai sebuah karya sastra yang berbentuk rangkaian kata yang indah. Masih bingung? Yuk, kita simak beberapa pendapat para ahli mengenai puisi. Pengertian menulis Puisi menurut para ahli Waluyo (2005: 1) menyatakan bahwa puisi adalah... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Kursus Menulis Online Terbaik dan Terlengkap

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.